Rute Tercepat dari Padang ke Pasaman Barat Tanpa Macet, Irit BBM Cuma Rp123 Ribu

oleh -636 Dilihat
Rute tercepat dari Padang ke Pasaman Barat (Psbar) tanpa macet, irit BBM cuma Rp123 Ribu. [Grafis: Dok. Google Maps]

Padang, Kabapedia.com – Bagi kamu yang akan berkendara berpergian dari Kota Padang ke Pasaman Barat (Pasbar) sangat tepat memilih rute perjalanan tercepat berikut ini. Rute Tercepat dari Padang ke Pasbar yang satu ini bakal membebaskanmu dari macet dan plus hemat BBM.

Padang dan Pasbar adalah dua daerah di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang memiliki jarak sekitar 206 km jika ditempuh lewat jalur tercepat. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dari Padang ke Pasbar, ada beberapa pilihan rute yang bisa Anda ambil. Namun, jika Anda ingin mencari rute tercepat, berikut ini adalah rekomendasi tim Kabapedia.com.

Rute tercepat dari Padang menuju Pasbar adalah melewati atau via Kabupaten Padang Pariaman. Dibanding melewati jalur Padang-Bukittinggi yang mencapai 230 Km, rute Padang-Pasbar via Padang Pariaman hanya sekitar 206 km, atau lebih singkat sekitar 24 Km dibanding melewati Kota Bukittinggi.

Karena jarak tempuh lebih singkat, waktu yang dibutuhkan untuk melewati rute ini juga lebih cepat, hanya sekitar 4 jam dengan kecepatan standar. Namun jika anda melaju dengan kecepatan 70 Km per jam, anda akan sampai dalam waktu sekitar 2 jam 50 menit atau kurang dari 3 jam.

Berikut rincian jalan rute tercepat dari Padang ke Pasaman Barat via Padang Pariaman:

  • Dari pusat Kota Padang kamu bisa langsung menuju jalan By Pass Kota Padang dan terus lurus melewati Fly Over Bandara Internasional Minangkabau (BM) hingga mentok ke gerbang BIM.
  • Setelah sampai di gerbang BIM lalu belok kanan lanjutkan ke jalan Olo Bangau. Di sepanjang jalan ini kamu bakal disajikan keindahan alam bahari Pantai Ketaping Padang Pariaman.
  • Ikuti jalan ini terus lulus hingga melintasi Jalan Syekh Baharuddin. Selepas jalan Syekh Baharuddin lalu belok kiri ke arah jalan Siti Manggopoh Kota Pariaman hingga ke kawasan Toboh.
  • Terus ikuti jalan lurus tersebut lalu belok kiri ke Jalan Raya Sungai Limau hingga ke Jalan Raya Tiku, Kabupaten Agam.
  • Setelah melewati Jalan Raya Tiku teruskan ke Jalan Lintas Raya Pasaman Bawan dan lanjutkan ke Jalan Lintas Manggogoh hingga ke Simpang Padang Koto Gadang lalu belok kiri tetap di Jalan Lintas Manggogoh.
  • Selepas Jalan Lintas Manggogoh teruskan ke Jalan Lintas Simpang 4 hingga ke Jalan Lintas Kinali, lalu lanjut ke Jalan Raya SP Empat dan kamu akan sampai di pusat kota kabupaten Pasaman Barat.

Prakiraan konsumsi BBM rute Padang-Pasbar via Padang Pariaman sejauh 206 km:

Untuk menghitung konsumsi bahan bakar kendaraan roda empat, Anda perlu mengetahui rata-rata konsumsi bahan bakar kendaraan Anda. Ada beberapa cara untuk mengetahui rata-rata konsumsi bahan bakar, seperti menggunakan fitur Multi Information Display (MID) atau metode full to full.

Untuk menghitung konsumsi bahan bakar kendaraan roda empat, Anda perlu mengetahui rata-rata konsumsi bahan bakar kendaraan Anda. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan metode full to full, yaitu:

  • Isi tangki BBM sampai penuh.
  • Catat jumlah kilometer pada odometer sebelum menjalankan kendaraan.
  • Gunakan kendaraan sampai BBM hampir habis atau menyisakan sekitar 10% bensin (sebaiknya jangan sampai bensin benar-benar habis)
  • Catat jumlah kilometer setelah mengendarai kendaraan sampai bensin hampir habis dan mesin telah dimatikan.
  • Kurangkan jumlah kilometer saat kendaraan masih baru diisi BBM dan ketika sudah hampir habis lalu bagi dengan jarak tempuh.
  • Misalnya, jika Anda mengisi tangki BBM dengan 40 liter dan odometer menunjukkan 10.000 km, kemudian Anda mengendarai kendaraan sampai bensin tersisa 10% dan odometer menunjukkan 10.600 km, maka perhitungannya adalah:

Jarak tempuh = 10.600 – 10.000 = 600 km
Konsumsi bahan bakar = 40 x 90% = 36 liter
Rata-rata konsumsi bahan bakar = 36 / 600 = 0,06 liter/km
Konsumsi bahan bakar per liter = 1 / 0,06 = 16,67 km/liter

Baca juga: 

Jadi, jika Anda mengendarai kendaraan roda empat dengan kecepatan 70 km/jam dan jarak tempuh 206 km, maka konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan adalah:

  • Konsumsi bahan bakar = 0,06 x 206 = 12,36 liter
  • Biaya bahan bakar = 12,36 x harga bensin per liter

Nah untuk prakiraan konsumsi BBM rute Padang-Pasbar via Padang Pariaman sejauh 206 km, jika merujuk pada hasil hitungan di atas tentunya total biaya rute Padang-Pasbar via Padang Pariaman adalah sebesar Rp 123.600. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.