PMI Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa ke Dubes Turki, Segini Nilainya

oleh -224 Dilihat
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (dari kanan) menyerahkan bantuan uang tunai untuk korban gempa, di Kedutaan Besar Turki, Jalan H. R. Rasuna Said, Kav. Kuningan, Jakarta. [Foto: Dok. PMI]

Padang, Kabapedia.com – Palang Merah Indonesia (PMI) menyerahkan bantuan kemanusian untuk korban gempa di Turki. Bantuan dalam bentuk uang senilai 100.000 USD diserahkan ke Dubes Turki untuk Indonesia, yang diwakili Ömer Orhun Çelikol, Chargé d’Affaires a.i, Jumat (10/2/2023).

Bantuan tersebut diserahkan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Kedutaan Besar Turki, Jalan H. R. Rasuna Said, Kav. Kuningan, Jakarta.

Dalam siaran pers yang diterima Kabapedia.com, JK mengatakan, bantuan tahap pertama ini untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat terdampak di Turki dan Suriah. PMI, lanjut JK, telah menggalang donasi publik untuk menghimpun bantuan tahap selanjutnya.

“Saat ini Turki dan Suriah tengah dilanda musim dingin, kebutuhan seperti selimut, bahan pangan, dan tenda keluarga adalah kebutuhan yang paling mendesak. Uluran tangan masyarakat Indonesia akan sangat meringankan penderitaan saudara-saudara kita di sana,” kata JK.

Ribuan pengungsi di Turki dan Suriah tengah membutuhkan sejumlah kebutuhan mendesak untuk bertahan dari dampak gempa beberapa waktu lalu. Donasi dari masyarakat di tanah air akan disalurkan PMI melalui Bulan Sabit Merah Turki dan Bulan Sabit Merah Suriah.

Baca Juga: DPRD Sumbar Gelar Seminar Penanggulangan Kebencanaan

Lembaga bantuan kemanusiaan internasional, IFRC telah merilis daftar kebutuhan mendesak untuk penyintas gempa di Turki dan Suriah. PMI berinisiatif menghimpun dana untuk memenuhi sejumlah kebutuhan mendesak tersebut. PMI juga tengah menyiapkan tim kesehatan darurat yang akan ikut serta dengan tim gabungan Pemerintah. [isr]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.