Mudik Lebaran 2023, Rekayasa Lalu Lintas Jalan Padang – Bukittinggi Diberlakukan

oleh -438 Dilihat
Peta titik kemacetan di Sumbar. [Grafis: Dok. Dishub Sumbar]

Padang, Kabapedia.com – Jumlah pemudik yang bakal masuk ke wilayah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pada libur Lebaran Idul Fitri tahun 2023 ini diprediksi meningkat. Selain pemudik, jumlah kendaraan yang bakal masuk ke Sumbar juga diperkirakan melonjak. Kondisi ini bakal diantisipasi dengan manajemen lalu lintas pada ruas Jalan Padang – Bukittinggi.

Dari hasil survei Balitbang Sumbar, terutama H-7 sampai dengan H+7 Lebaran. Diperkirakan lonjakan itu meningkat drastis dibanding tahun 2022. Lonjakan arus mudik itu diperkirakan naik sebesar 15 persen.

Salah satu lonjakan kendaraan akan terjadi di ruas Jalan Padang-Bukittinggi. Hasil survei Balitbang Pemprov Sumbar, di hari normal ruas jalan tersebut dilalui sekitar 24.000-30.000 kendaraan/jam.

Sementara itu di rentang mudik Lebaran diperkirakan akan naik 4x lipat dari hari biasa. Dengan arti kata akan ada sekitar lebih kurang 100.000 kendaraan/jam yang akan melintasi jalur Padang – Bukittinggi selama mudik Lebaran.

Masih dari hasil survei Balitbang Sumbar tersebut, pada 2023 ini akan terjadi lonjakan penumpang angkutan Lebaran, baik itu angkutan darat, laut maupun udara. Total ada kenaikan 5-15 persen untuk lonjakan penumpang itu dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2022, angkutan darat pada H-7 sampai H+7 jumlah penumpang mencapai 597.166 orang. pada 2023 ini diprediksi mencapai 686.741 orang. Tingginya lonjakan kendaraan dan penumpang di Sumbar diyakini juga akan memicu sejumlah kemacetan di ruas jalan tertentu di Sumbar.

Dinas Perhubungan Sumbar telah merilis, setidaknya terdapat 25 titik rawan kemacetan di Sumbar. Jumlah titik lokasi ini tersebar di 8 daerah atau kabupaten/kota, dari total 19 daerah di Sumbar. Daerah yang memiliki titik rawan macet terbanyak adalah Kabupaten Padang Pariaman dengan total 6 titik lokasi rawan kemacetan.

25 Titik Rawan Kemacetan, Baca Berita Berikut: Pemudik Wajib Tahu, Inilah Daftar 25 Titik Rawan Kemacetan di Sumbar

Rekayasa Lalu Lintas

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani mengungkapkan, potensi kemacetan di Sumbar saat momen libur Lebaran Idul Fitri 2023 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dia menjelaskan, saat ini sejumlah persiapan mendukung kelancaran lalu lintas telah dipersiapkan bersama lintas sektor, seperti Dinas Bina Marga Cipta Karya Tata Ruang, BPBD, Dinas Kesehatan, Polda Sumbar, jajaran TNI dan pihak terkait lainnya.

Selain itu dalam koordinasi yang dilakukan juga akan diambil langkah-langkah untuk mengurai kemacetan arus mudik Lebaran tersebut. Seperti penetapan jalur searah, (one way), penerapan genap ganjil. Namun ini baru sebatas usulan yang disosialisasi dan simulasinya akan segera dilakukan beberapa hari ke depan.
“Dari hasil rapat koordinasi yang telah dilakukan, terdapat usulan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Ruas Jalan Padang – Bukittinggi,” ujar Dedy dalam siaran resminya diterima Kabapedia.com, Selasa (4/4/2023) malam.

Secara keseluruhan terdapat total 3 poin kebijakan yang bakal diberlakukan saat Liburan Lebaran Idul Fitri 2023 mendatang.

Berikut Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Ruas Jalan Padang – Bukittinggi:

  1. Penerapan Ganjil Genap pada ruas Sicincin – Bukittinggi
  2. Menerapkan Sistem satu arah dari Sicincin – Bukittinggi pada jam tertentu
  3. Menerapkan Sitesm Satu Arah dari Sicincin – Padang Panjang pada jam tertentu

[isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.