Investor Malaysia Bakal Invest Pembangunan IKN Nusantara

oleh -517 Dilihat
Presiden RI Jokowi (dari kiri) bersama PM Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor. [Foto: Dok. Humas Kemensetneg]

Jakarta, Kabapedia.com – Kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim ke Indonesia membawa angin segar pada kerjasama bidang investasi di Indonesia. Pemerintahan Indonesia menyambut baik ketertarikan para investor Malaysia untuk menanamkan modalnya pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Demikian disampaikan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers bersama saat menerima kunjungan PM Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/12023).

Presiden Jokowi menyebutkan, bahwa terdapat sebelas letter of intent yang telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dalam partisipasi pembangunan IKN.

“Sebelas letter of intent telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi, dan properti,” ujar Presiden dalam keterangannya.

Selain itu, pada kunjungan resmi PM Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim, Indonesia dan Malaysia juga menyepakati sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

“Sejumlah MoU di bidang perkapalan, pembiayaan ekspor impor, energi hijau, pengembangan industri baterai dan lain-lainnya juga sudah ditandatangani,” lanjutnya.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan Malaysia sepakat untuk memperkuat ASEAN. “Kita sepakat ASEAN harus dapat memainkan peran sentral dalam menjadikan kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan stabil,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, PM Anwar Ibrahim menyampaikan bahwa Malaysia menunjukkan sikap terbuka dengan memberikan dukungan terhadap pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur. PM Anwar Ibrahim meyakini pembangunan IKN akan memberikan manfaat positif baik bagi Indonesia maupun Malaysia.

Baca Juga: “Delapan Memorandum Saling Pengertian” yang Disepakati Indonesia – Malaysia

“Oleh itu, kita ambil pendekatan yang positif yaitu mencari jalan supaya pertumbuhan Ibu Kota Negara Nusantara itu akan juga memberi manfaat kepada wilayah yang termasuk Sarawak dan Sabah,” ujar PM Anwar Ibrahim. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.