Idul Adha 2024 Momentum Tingkatkan Kepedulian dan Gotong Royong

oleh -187 Dilihat
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. [Foto: Dok. DPR/Kresno]

Jakarta, Kabapedia.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dalam momen spesial ini, Puan mengajak masyarakat untuk memaknai Hari Raya Idul Adha 2024 dengan semangat gotong royong dan meningkatkan kepedulian kepada sesama.

Baca juga:

“Selamat Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Mari kita tingkatkan gotong royong dan kepedulian untuk membantu sesama, terutama saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Puan pada Senin (17/6/2025).

Sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI, Puan menekankan bahwa Idul Adha adalah momen untuk memperkuat solidaritas dan persaudaraan antarumat beragama. Menurutnya, solidaritas sangat diperlukan di tengah berbagai tantangan yang dihadapi bangsa saat ini.

“Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt, kurban di Hari Raya Idul Adha adalah simbol keikhlasan dalam berbagi. Ibadah kurban juga menunjukkan toleransi, karena hewan kurban mayoritas disumbangkan kepada mereka yang kurang mampu, sebagai bentuk kebaikan berbagi nikmat dan kebahagiaan,” tambah Puan.

Puan berharap umat Muslim di Indonesia dapat semakin meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt pada momen Idul Adha ini. Ia juga mengingatkan pentingnya memperteguh nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan.

Hari Raya Idul Adha juga menandai selesainya rangkaian Ibadah Haji di Tanah Suci. “Semoga seluruh rangkaian Ibadah Haji para jamaah Indonesia berjalan lancar dan mereka dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat serta menjadi Haji Mabrur,” ungkap Puan.

Dalam kesempatan ini, Puan juga menyoroti pelaksanaan Ibadah Haji 2024. Berdasarkan laporan tim pengawas (Timwas) Haji DPR, pelaksanaan tahun ini relatif lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, meskipun masih diperlukan peningkatan kualitas pelayanan.

“Meskipun tahun ini lebih kondusif, kualitas pelayanan bagi jamaah harus terus ditingkatkan,” tegas mantan Menko PMK tersebut.

Baca juga:

Puan menyebut bahwa Timwas Haji DPR masih menemukan banyak kebijakan yang perlu diperbaiki, terutama dalam manajemen kuota haji, petugas haji, dan anggaran haji. Oleh karena itu, Timwas Haji DPR berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi penyelenggaraan Ibadah Haji 2024.

“DPR RI akan mendengar laporan resmi dari Timwas Haji dan mendukung langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi pelaksanaan ibadah haji,” tutup Puan. [isr]

 

Ikuti Google News dan berita Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.