Ide Bisnis Rumahan: Ibu Hebat! Dari Cuma Titip Warung 3 Kg Kini Produksi 750 Kg dengan Omset Puluhan Juta!

oleh -214 Dilihat
Ide Bisnis Rumahan: Ibu Hebat! Dari Cuma Titip Warung 3 Kg Kini Produksi 750 Kg dengan Omset Puluhan Juta! [Foto: Dok. Ist]

Bekasi, Kabapedia.com – Perjalanan bisnis rumahan seorang ibu rumah tangga asal Bekasi, Ibu Heni, patut diacungi jempol. Berawal dari menitipkan produk rengginang di warung-warung kecil dengan produksi hanya 3 kilogram per hari, kini Ibu Heni mampu memproduksi hingga 750 kilogram rengginang dengan omzet mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan.

Baca juga:

Ibu Heni mengisahkan perjuangannya saat awal memulai usaha. “Ditolak-tolak itu sudah biasa. Dulu saya sering ditolak di pasar karena sudah ada barang lain. Sambil menggendong anak kecil, saya menawarkan dagangan ke toko-toko,” kenangnya. Dengan ketekunan dan doa, Ibu Heni berhasil melewati masa-masa sulit tersebut.

Saat ini, proses produksi rengginang Ibu Heni sudah terorganisir dengan baik. Beras ketan direndam selama satu jam, kemudian ditiriskan dan dibumbui sesuai selera, apakah rasa terasi atau bawang putih. Pewarna yang digunakan pun berasal dari bahan makanan alami. Setiap kali memasak, Ibu Heni memproses hingga 7 liter beras ketan. Setelah dibumbui, beras dikukus selama 30 menit hingga setengah matang.

Proses selanjutnya adalah mengaron, yaitu mencampur beras dengan air panas dan mengaduknya hingga rata, lalu dikukus kembali selama 20 menit. Setelah matang, beras ketan dicetak menggunakan alat khusus yang membantu membentuk rengginang menjadi bulat dan rata.

Rengginang yang telah dicetak dijemur selama tiga hari di atas genteng. Proses ini memerlukan perhatian khusus, terutama saat musim hujan. Setelah kering, rengginang digoreng dan dipisahkan berdasarkan warna dan rasa: bawang putih untuk rengginang putih, terasi untuk yang hitam dan merah. Produk siap dijual setelah dikemas rapi.

Ibu Heni mengungkapkan bahwa saat ini permintaan rengginangnya sangat tinggi, bahkan mencapai luar negeri seperti Belanda, Malaysia, dan Jepang. Produksi harian mencapai 25 kilogram beras ketan yang menghasilkan sekitar 80 bungkus rengginang.

Menurut Ibu Heni, kunci kesuksesannya adalah kerja keras, kesabaran, dan doa. “Jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersedekah. InsyaAllah, rezeki akan datang dari arah yang tidak disangka-sangka,” ujarnya. Untuk informasi lebih lanjut atau menjadi reseller, Ibu Heni dapat dihubungi di nomor 0857 7012 8109.

Baca juga:

Dengan kerja keras dan ketekunan, Ibu Heni berhasil mengembangkan bisnis rengginangnya dari skala kecil hingga besar. Kisahnya menjadi inspirasi bagi banyak orang bahwa dengan usaha yang konsisten, siapapun bisa meraih kesuksesan. [isr]

 

Ikuti Google News dan berita Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.