Donggala: Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah

oleh -121 Dilihat
Donggala: Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah. [Foto: Dok. YouTube JAJAGO KELILING INDONESIA]

Donggala, Kabapedia.com – Donggala, sebuah permata tersembunyi di Sulawesi Tengah, menjadi latar belakang petualangan mengagumkan dari pasangan suami istri yang memutuskan untuk menjelajahi Indonesia secara penuh waktu. Kali ini kita memotret kata dari rangkaian perjalanan dari kanal YouTube JAJAGO KELILING INDONESIA.

Baca juga:

Di bawah langit luas dan di atas tanah subur, perjalanan mereka membawa mereka ke Donggala, yang menawarkan keindahan alam dan cerita unik di setiap sudutnya.

Kapal Sandek dan Keindahan Bawah Laut Donggala

Pada episode sebelumnya, pasangan ini tiba di Donggala dan disambut oleh keindahan kapal Sandek yang besar dan berwarna-warni. Kapal tradisional ini mampu berlayar tanpa mesin, menambah kesan magis pada perjalanan mereka. Tak hanya itu, mereka juga mengeksplorasi keindahan bawah laut Donggala yang dihiasi oleh terumbu karang berwarna-warni dan ikan yang berenang harmonis. Mereka mencoba memancing dan menemukan bahwa ikan di sini sangat melimpah, menambah kesan indah Donggala sebagai surga laut.

Petualangan berlanjut bersama Brother Wawan, seorang lokal yang akrab dengan wilayah Tanjung Karang. Mereka naik kapal Karavea, sebuah kapal yang mampu menampung 15 orang dengan biaya sewa Rp2,5 juta, menawarkan pengalaman melihat lumba-lumba dan matahari terbenam. Kenyamanan kapal dengan fasilitas seperti AC, toilet, dan kamar yang nyaman membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Selama di kapal, mereka belajar cara memancing tradisional dari Wawan, yang menggunakan teknik tanpa pelampung dan hanya dengan tali sederhana. Kisah-kisah lokal dan pantangan tradisional yang diceritakan oleh Wawan menambah wawasan mereka tentang budaya nelayan setempat. Misalnya, pantangan untuk tidak mencuci wajan langsung di laut atau membuang kucing mati ke laut, yang diyakini bisa mendatangkan badai.

Misteri dan Keunikan Donggala

Pasangan ini juga mengunjungi tempat-tempat lain seperti Pusat Laut, sebuah sumur alami yang terbentuk akibat tanah yang ambles ke laut. Destinasi ini menawarkan pemandangan menakjubkan dan menjadi tempat populer bagi wisatawan lokal. Mereka juga mendengar cerita tentang pencari emas di tepian pantai, yang mencari perhiasan yang jatuh dari wisatawan.

Mereka melanjutkan perjalanan ke sekitaran kota Donggala dan mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah yang terkena dampak tsunami 2018. Saksi bisu bencana ini terlihat dari bangunan-bangunan yang rusak, meninggalkan kesan mendalam tentang kekuatan alam dan ketahanan masyarakat setempat.

Setelah menjelajahi laut, mereka menikmati keindahan Pantai Bonebula dan Pantai Tanjung Karang. Di pantai ini, mereka menyaksikan sunset yang menakjubkan dengan gradasi warna yang luar biasa, menambah momen syahdu dalam perjalanan mereka.

Petualangan mereka di Donggala berakhir dengan rasa syukur dan kebahagiaan. Mereka bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya, membawa kenangan indah dari Donggala. Pasangan ini mengajak penonton untuk bergabung dalam petualangan mereka berikutnya, termasuk rencana perjalanan ke Jepang pada bulan September.

Baca juga:

Dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan kekayaan budaya lokal, Donggala benar-benar menjadi surga tersembunyi yang wajib dikunjungi oleh para pencinta petualangan. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News dan berita lainnya Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.