Dishut Sumbar Penuhi Target Sasaran dan Progul 2022 di Tengah Keterbatasan Anggaran

oleh -247 Dilihat
Kepala Dishut Sumbar Yozarwardi bersama Sekretaris Maswal Noor saat Refleksi Akhir Tahun 2022 Dishut Sumbar. [Foto: Ist]

Padang, Kabapedia.com – Meski mengalami keterbatasan angggaran, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tetap berhasil merealisasikan lima sasaran strategis dan 13 program unggulan (Progul) pada tahun 2022 ini.

Kepala Dishut Sumbar, Yozarwardi didampingi Sekretaris, Maswal Noor menuturkan, pencapaian realisasi tersebut menggambarkan apa yang sudah dikerjakan Dishut Sumbar pada tahun 2022 ini.

“Apa sudah tercapai seluruh rencana? Berapa capaiannya? sama atau melebihi? kalau tidak tercapai apa masalahnya? Jadi perlu diidentifikasi sehingga dicari solusinya,” terang Yozarwardi usai kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2022 Dishut Sumbar, di Aula Kantor Dishut Sumbar di Padang, Kamis (29/12/2022).

Refleksi Akhir Tahun yang pertama kali digelar ini tidak hanya mengundang pihak internal Dishut Sumbar saja. Tetapi juga pihak eksternal, yakni OPD Pemprov Sumbar yang terkait, seperti Bappeda Sumbar, Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar. Selain itu juga dihadiri LSM dan NGO yang bergerak di sektor lingkungan.

Yozarwardi menambahkan, dari refleksi akhir tahun 2022, dapat diketahui, apakah Dishut Sumbar ini benar-benar melaksanakan visi Gubernur Sumbar atau tidak? Melaksanakan progul atau tidak?

“Dari realisasi selama ini, kita berkontribusi mewujudkan visi Gubernur Sumbar. Makanya ada refleksi. Mana tahu dalam perjalanan ada yang tidak tercapai. Tidak tercapai tahun ini bukan berarti habis. Kendalanya apa? maka tahun depan dijemput kembali untuk direalisasikan.

“Misalnya realisasi berapa? tahun 2023 harus dipenuhi. Alhamdulillah semuanya bekerja keras dengan baik sehingga tercapai semuanya,” terang Yozarwardi.

Dia juga mengungkapkan, tahun ini pencapaian Dishut Sumbar telah memenuhi lima sasaran strategis. Mulai luas kawasan hutan yang dikelola kelompok masyarakat. Di mana, dari target 50 ribu hektar kawasan hutan, tercapai 51 ribu hektar.

Berikutnya, sasaran unit usaha berbasis kehutanan dengan target 20 unit, mampu tercapai 22 unit. Kemudian sasaran meningkatkan kualitas hutan, dengan target tutupan hutan 60,98 persen, juga mampu melebihi target 63,98 persen.

Termasuk juga menekan laju kerusakan hutan. Di mana kerusakan hutan yang bisa ditolerir, seluas 15 ribu hektar yang rusak. Sementara tercapai 14 ribu hektar. Bahkan ada 735 ribu hektar yang hijau lagi setelah ditanam 5 tahun silam.

Sasaran lainnya, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). Dishut Sumbar selama empat tahun berturut turut dapat A. Tahun 2022 ini dari target SAKIP 83,15 persen tercapai 101,18 persen. Termasuk juga sasaran indeks tingkat kepuasan layanan kepada masyarakat. Dari target 77 mampu tercapai 83.

Tidak hanya sasaran strategis saja yang tercapai. Termasuk realisasi Progul Dishut Sumbar. Dari target 13 Progul, semuanya tercapai. Seperti, penyediaan bibit pertanian. Dari target 600 ribu batang bibit, tercapai 67.309 ribu batang bibit.

Juga realisasi arboretum dengan target 1 unit per tahun tercapai 1 unit per tahun. Kemudian target luas agroforestri 600 hektar tercapai 603 hektar. Target jumlah komoditi unggulan 10 komoditi mencapai 10 komoditi.

Juga ada kasus pengrusakan hutan. Dari target 2 kasus, tercapai 2 kasus, pelaksanaan patroli pengamanan hutan dengan target 100 kali tercapai 161 kali. Patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dengan target 100 kali tercapai 135 kali.

Termasuk Progul penyediaan alat produktif sebanyak 10 unit, tercapai 10 unit. Penyediaan sarana prasarana ekowisata dengan target 10 unit, tercapai 10 unit. Juga ada penyediaan stup lebah madu. Dari target 3.000 stup tercapai 3.521 stup.

Baca Juga: Gawat!! Sumbar Dijadikan Daerah Distribusi Narkoba Lintas Provinsi, Begini Polanya

Sementara, dari sisi pendapatan dan belanja daerah, pada tahun 2022 ini Dishut Sumbar mencapai 91, 46 persen, hingga Kamis (29/12). Dengan pencapaian tersebut diperkirakan hingga 31 Desember 2022 mencapai 93,11 persen. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.