Cuaca Ekstrem Landa Agam: Pohon Besar Tumbang, Kabel Listrik Putus

oleh -244 Dilihat
Pohon besar yang diduga sudah keropos tumbang di Pulai, Jorong V Sungai Jariang, Nagari Lubuk Basung. [Foto: Dok/ MC Kab Agam]

Agam, Kabapedia.com – Dampak terjangan angin kencang disertai hujan lebat di wilayah Lubuk Basung, Kabupaten Agam menimbulkan sejumlah dampak pada Kamis (28/12/2022) malam.

Akibat cuaca ekstrem yang melanda, pohon besar yang diduga sudah keropos tumbang di Pulai, Jorong V Sungai Jariang, Nagari Lubuk Basung. Peristiwa ini menyebabkan kabel aliran listrik putus dan bahkan menutup akses jalan di kawasan itu.

Pohon tumbang yang menutup akses jalan itu, juga menyebabkan trafo listrik meletus tak jauh dari lokasi kejadian. Akibatnya aliran listrik di wilayah Lubuk Basung sempat padam selama lebih dari 1 jam.

Sementara upaya penanganan pohon tumbang yang membelintang jalan itu masih belum bisa ditangani oleh TRC BPBD Agam karena bentangan kabel beraliran listrik masih belum diatasi oleh pihak PLN.

Kondisi itu dibenarkan Bambang Warsito kalaksa BPBD Agam yang bersama personilnya meninjau lokasi pohon tumbang di Pulai, Kamis malam.

Disebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak PT PLN untuk memastikan aliran listrik sudah dipadamkan di jaringan kabel yang putus akibat pohon tumbang tersebut, agar personil BPBD Agam bisa membersihkan pohon tumbang tersebut.

”Personil sudah berada di lokasi, dan akan segera diatasi jika kabel listrik sudah dinyatakan aman oleh pihak PLN,” ujar Bambang.

Informasi yang diperoleh, beberapa wilayah di kecamatan Lubuk Basung ikut terdampak terjangan angin kencang disertai hujan lebat pada Kamis malam, yang saat ini masih diinventarisasi oleh tim Pusdal Ops BPBD Agam.

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi sebagian wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi, dari ringan hingga lebat di beberapa wilayah, hingga tiga hari ke depan atau sampai momen Tahun Baru, 1 Januari 2023.

Baca Juga: Waspadai Cuaca Ekstrem hingga Pergantian Tahun, Peningkatan Curah Hujan di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara

“Berdasarkan model cuaca numerik BMKG, sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan berpotensi mengalami cuaca ekstrem dengan peningkatan curah hujan lebat hingga sangat lebat di beberapa wilayah,” ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.