SMK SMTI Padang Wisuda 170 Lulusan, 91,2 Persen Langsung Berkarir di Dunia Industri

oleh -488 Dilihat
SMK SMTI Padang menggelar prosesi pelantikan atau wisuda sebanyak 170 lulusan, Kamis (19/10/2023). [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – SMK SMTI Padang menggelar prosesi pelantikan atau wisuda sebanyak 170 lulusan, Kamis (19/10/2023). Acara ini dihadiri Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Masrokhan.

Diketahui, lulusan SMK SMTI Padang tahun ini sebanyak 91,2 persen di antaranya sudah terserap di dunia industri, baik di dalam maupun luar negeri. Sisanya melanjutkan studi, sedangkan 15 orang masih dalam proses rekrutmen.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengapresiasi sekolah vokasi binaan BPSDMI Kementerian Perindustrian (Kemenperin) itu. Setiap tahun melahirkan SDM yang kompeten dan siap bersaing di era 4.0 sebagai generasi bangsa yang berkualitas.

“Pemerintah Provinsi (Sumbar) mengapresiasi SMK SMTI Padang yang setiap tahun melahirkan SDM berkualitas dan kompeten di dunia kerja,” ujarnya.

Mahyeldi sangat mendukung pihak Kemenperin yang akan membangun gedung SMTI Padang di lahan baru yang lebih luas.

“Dengan demikian lingkungan pendidikan SMTI semakin representatif dan bisa menerima siswa lebih banyak,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPSDMI, Masrokhan menyebut SMK SMTI Padang adalah yang terbaik dalam kinerja dan serapan. Khususnya untuk unit pendidikan di lingkungan Kemenperin, SMTI tertinggi dalam serapan yaitu 91,2 persen.

“Kinerja dan serapan SMTI Padang terbaik tahun ini,” ungkapnya.

Terkait pembangunan gedung baru SMTI Padang, Masrokhan mengatakan, sudah tersedia lahan seluas 15 hektar di kawasan Ulu Gadut Pauh. Rencananya akan segera dilaksanakan pembangunan awal tahun 2024 di lokasi yang baru tersebut.

“Setelah proses lahan selesai, pembangunannya bisa dimulai awal tahun depan,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala SMTI Padang Sylvi mengakui kehadiran Gubernur Sumbar dalam pelantikan itu merupakan suatu kehormatan. Hal itu juga pertanda baik bagi SMTI Padang terkait kualitas dan prestasi yang dicapai.

Baca juga: Menperin Kembangkan SDM Industri melalui 11 Politeknik hingga 9 SMK Industri

“Kehadiran gubernur bermakna khusus untuk kemajuan pendidikan vokasi khususnya SMTI Padang,” ucapnya. [Du/Kpd]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.