Jawab Kebutuhan SDM Industri Era 4.0, SMTI Padang Gelar Seminar Guru BK

oleh -627 Dilihat
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Padang menggelar seminar guru Bimbingan Konseling (BK) tingkat SMP/MTs se-Sumatera Barat. [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Padang menggelar seminar guru Bimbingan Konseling (BK) tingkat SMP/MTs se-Sumatera Barat. Seminar bertema “Kebutuhan Soft Skill Sumber Daya Manusia untuk Memasuki Dunia Industri di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0” ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Padang, Selasa (20/2/2024).

Menurut Kepala SMK SMTI Padang, Sylvi ST, M.Si, penyelenggaraan seminar bagi para guru pengampu Bimbingan Konseling tingkat SMP itu bertujuan memperkenalkan pendidikan vokasi. Disamping itu para guru juga akan memahami kebutuhan soft skill SDM untuk dunia industri terkini sehingga dapat memberikan bimbingan bagi siswa dalam memilih sekolah lanjutannya.

Baca juga:

“Jadi melalui seminar ini para guru BK SMP dan MTs lebih mengenali pendidikan vokasi serta kebutuhan dunia industri. Sehingga dalam pembimbingan minat dan bakat siswa terarah untuk memilih sekolah lanjutannya,” katanya.

Kepala SMTI Padang itu menjelaskan, pihaknya menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat juga menghadirkan narasumber dari mitra industri. Dalam kesempatan ini menghadirkan Hartoyo SIP, MM, HR Business Partner dari PT. Mayora Indah Tbk.

“Di samping menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Sumatera Barat, kami juga mendatangkan Nara sumber dari industri,” ujar wanita yang mengepalai Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) yang dinaungi Kementerian Perindustrian tersebut.

Lebih lanjut ia menambahkan, di samping mendukung kegiatan seminar guru BK, pihak PT Mayora Indah, Tbk. juga telah melaksanakan kegiatan rekrutmen langsung bagi calon lulusan SMK SMTI Padang tahun pelajaran 2023/2024. Sebanyak 24 siswa yang baru akan lulus tahun ini telah diberangkatkan ke perusahaan besar yang terkenal dengan berbagai produk tersebut.

“Calon lulusan SMTI Padang merupakan yang terbanyak direkrut PT Mayora Indah. Bahkan sebelum tamat sudah ditempatkan bekerja di perusahaan,” imbuh Sylvi.

Sementara itu, HR Business Partner mengungkapkan, pelaksanaan seminar guru BK oleh SMTI Padang adalah langkah baik dalam mempersiapkan SDM yang dibutuhkan dunia industri.

“Calon – calon SDM industri dibekali lebih dini dengan pengetahuan, cara bersikap dan mentalitas,” ungkapnya.

JARVIS SMK SMTI Padang

Pelaksanaan kelas Mayora Academy juga menjadi daya tarik utama dalam setiap kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK SMTI Padang. PPDB SMK SMTI Padang sendiri lebih dikenal dengan nama JARVIS (Jaringan Penerimaan Vokasi Industri).

Tahun ini, JARVIS dibagi ke dalam tiga jalur, yaitu JARVIS Prestasi yang berlangsung sejak 22 Januari 2024 dan ditutup pada 21 Maret 2024 nanti. JARVIS Prestasi menitikberatkan pada prestasi calon peserta didik selama mereka menempuh Pendidikan di bangku SMP sederajat.

Selanjutnya JARVIS Bersama yang akan berlangsung pada 22 April – 31 Mei 2024 nanti. JARVIS Bersama ini merupakan jalur yang dibuka secara nasional oleh BPSDMI Kementerian Perindustrian, pelaksanaan seleksi secara online akan dilaksanakan pada 13 Juni 2024.

Jalur terakhir adalah JARVIS Mandiri yang merupakan seleksi ujian secara mandiri oleh SMK SMTI Padang, dibuka pada 16 April – 1 Juli 2024 nanti. Pelaksanaan ujian sendiri dilakukan secara online pada 3 Juli 2024.

Baca juga:

Seluruh jalur penerimaan/pendaftaran tidak dipungut biaya. Calon peserta didik bisa mendaftar secara online ataupun langsung datang ke kampus SMK SMTI Padang di Jalan Ir H Juanda 2, Kota Padang. [DU/Kpd]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.