Sejarah Pantai Air Manis, Pantai Malin Kundang yang Melegenda

oleh -422 Dilihat
Potret indah Pantai Air Manis yang juga dikenal dengan nama Pantai Malin Kundang. [Foto: Dok. Ist]

Padang, Kabapedia.com – Inilah sejarah Pantai Air Manis yang punya fakta menarik yakni, pantai ini juga terkenal dengan nama Pantai Malin Kundang yang kisahnya melegenda.

Pantai Air Manis adalah salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bila Anda berada di Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dengan ombak yang bergulung-gulung ditemani dengan angin sepoi-sepoi.

Pantai ini terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang dan berada di belakang Gunung Padang, atau tepatnya di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan.

Pantai Air Manis cukup terkenal di kalangan masyarakat, karena cerita legendanya tentang Malin Kundang. Anda pasti sudah pernah mendengar kisah ini bukan? Dengan mengunjungi Pantai Air Manis Anda dapat melihat patung batu dari Malin Kundang secara langsung.

Sejarah Pantai Air Manis ini sangat terkenal, sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang ke sana untuk melihat bukti adanya Batu Malin Kundang. Sejarah dari batu tersebut adalah anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu.

Jaman dahulu, ada seorang anak yatim yang hanya tinggal bersama ibunya. Anak laki-laki tersebut bernama Malin Kundang. Ibunya adalah seorang janda yang sudah tua. Malin Kundang bekerja untuk meringankan beban ibunya dengan menjadi nelayan seperti yang dikerjakan oleh ayahnya dulu.

Karena kasihan dengan ibunya dan ingin merubah nasib, akhirnya Malin Kundang bertekad untuk merantau ke kota. Dia tidak ingin hidup terus menerus dalam keadaan miskin dan ingin membahagiakan ibunya.

Karena sudah merasa mantap dengan keinginannya, akhirnya dia meminta izin pada ibunya untuk merantau. Dengan merasa berat hati sang ibu mengizinkannya dan merelakan anak satu-satunya pergi merantau ke kota. Tahun demi tahun berganti, namun Malin Kundang tidak pernah kembali pulang untuk menemui ibunya. Sang ibu terus menanti kepulangan anaknya yang sangat dirindukan

Ternyata Malin Kundang bernasib mujur, dia telah menjadi saudagar sukses di perantauan dan menikah dengan putri saudagar kaya raya yang dahulu menjadi majikannya. Ayah sang gadis merestui hubungan keduanya karena melihat dia adalah pemuda yang gigih dan pekerja keras. Setelah menikah, sang istri ingin sekali bertemu dengan ibu Malin Kundang dan mengajaknya untuk pulang ke kampung halaman. Permintaan itu disetujuinya walaupun di dalam hati merasa berat karena merasa malu dengan keadaan ibunya yang miskin.

Baca juga: 3 Hotel Berbintang Terbaik di Pantai Padang: Nikmati View Indah Samudera!! Segini Tarifnya

Malin Kundang tidak ingin istrinya tahu kalau dia berasal dari keluarga miskin dengan ibu yang sudah tua renta. Suatu saat, datanglah sebuah kapal besar datang dan tersiar kabar bahwa Malin Kundang telah pulang. Dengan penuh harap sang ibu ingin sekali segera menemui anaknya tersebut karena rasa rindu yang telah dirasakannya sudah tidak terbendung lagi. Ditemuilah Malin Kundang di tepi pantai saat rombongannya telah tiba.

Itulah sejarah singkat tentang Pantai Air Manis dan legenda Malin Kundang yang terkenal di kalangan masyarakat setempat. Bagaimana? Anda tertarik untuk berwisata ke lokasi fenomenal ini? [Abi]

 

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.