700 Paket Ikan Tuna Berkualitas Dibagikan ke Masyarakat Sumbar

oleh -718 Dilihat
SKIPM Padang mendistribusikan 700 paket ikan tuna bermutu, yang disebar ke sejumlah daerah. [Foto: Dok. SKIPM Padang]

Padang, Kabapedia.com – Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Pangan (SKIPM) Padang mendistribusikan 700 paket ikan tuna bermutu, yang disebar ke sejumlah daerah Provinsi di Sumatra Barat (Sumbar).

“Pendistribusian ini dilakukan dalam kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) 2023, dengan tema Peran BKIPM dalam penjaminan Mutu dan bebas mikroplastik,” ujar Kepala SKIPM Padang, Abdur Rohman di Padang, Jumat (7/4/2023).

Abdur mengatakan, BMK tahun 2023 ini bertujuan untuk mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dengan mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan penjaminan ikan sehat dan bermutu.

Dalam kegiatan ini pihaknya berkolaborasi dengan Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, yang mendorong SKIPM menganggarkan kegiatan ini di Sumbar.

Kegiatan ini juga digelar serentak di seluruh wilayah indonesia oleh Unit Kerja Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKIPM. Menurut dia 700 paket berupa fillet ikan tuna yang berasal dari Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang berada di Sumbar.

Penyaluran pekat secara simbolis diberikan oleh Anggota DPR RI Komisi IV Hermanto kepada perwakilan masyarakat yang selanjutnya akan didistribusikan ke delapan kota dan kabupaten.

Ia mengatakan paket tersebar ke 10 kota dan kabupaten yang ada di Sumatera Barat yaitu Kota Padang 250 paket, Kota Solok 50 paket, Kota Sawahlunto 50 paket.

Kemudian Kota Padang Panjang 50 paket, Kabupaten Solok Selatan 75 paket, Kabupaten Sijunjung 75 paket, Kabupaten Tanah Datar 75 paket dan Kabupaten Solok 75 paket.

Kepala Pengendalian Mutu BKIPM, Widodo Sumiyanto mengatakan kegiatan ini sudah berjalan selama delapan tahun dan tahun pertama hingga kelima pihaknya hanya fokus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tanpa memberikan ikan bermutu.

“Pada tahun keenam baru kita lakukan pendistribusian ikan bermutu ini kepada masyarakat untuk dinikmati dan ini bentuk perhatian negara kepada masyarakat untuk melakukan pemenuhan gizi,” kata dia.

Ia mengatakan dalam satu paket ini berisi potongan ikan tuna yang telah terjamin mutu dan kualitas daging karena sebelum disebar kepada masyarakat sudah dilakukan uji klinis.

“Kita pastikan juga ikan ini juga bebas dari mikro plastik karena sudah melalui serangkaian tes di laboratorium,” kata dia.

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya SKIPM Padang atas kegiatan ini.

Dirinya berharap masyarakat teredukasi tentang pentingnya penjaminan mutu ikan sebelum dikonsumsi.

Ia juga mengapresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya SKIPM Padang atas kegiatan ini, dengan harapan bahwa masyarakat teredukasi tentang pentingnya peran BKIPM dalam penjaminan mutu ikan sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Nilai Ekspor Sumbar Meningkat 34,43 Persen, Berikut Daftar Negara Teratas

“Kita juga berharap sinergi antar instansi sehingga peningkatan mutu dan kebutuhan pangan rakyat dapat terpenuhi dengan baik,” kata dia. [R9/Kpd]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.