Dispar Kota Padang Buka Jalan Untuk Berkembang Bagi Pelaku Muda Design Fashion

oleh -80 Dilihat
Dispar Kota Padang Buka Jalan Untuk Berkembang Bagi Pelaku Muda Design Fashion. [Foto: Dok. Ist]

Padang, Kabapedia.com – Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata (Dispar) membuka jalan untuk berkembang bagi pelaku ekonomi kreatif sub sektor fasyen, khususnya desainer muda. Komunitas desainer muda itu diberi pelatihan dan pendampingan serta memfasilitasi mereka untuk pengembangan kreatifitas.

Baca juga: 

“Selama tiga hari yang lalu kami menggelar ‘workshop design fashion’ untuk desainer pemula dalam rangka pengembangan potensi para pelaku ekonomi kreatif sub sektor tersebut,” ungkap Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang Wirdanis yang berkantor di gedung Youth Center, Jalan Bagindo Aziz Chan.

Workshop yang ditutup pada hari Jumat (20/8) lalu itu diharapkan lebih menggeliatkan perkembangan fashion di Kota Padang. Hal itu juga memberikan harapan cerah bagi pelaku ekonomi kreatif sub sektor fashion.

“Diharapkan setelah ini (workshop) sub sektor fasyen lebih menggeliat dengan munculnya pelaku muda. Ilmu – ilmu yang didapatkan dari pelatihan dapat diimplementasikan,” ujar Wirdanis.

Ia menambahkan, fasyen termasuk salah satu potensi penggerak ekonomi daerah. Terbukti banyak perancang – perancang fasyen berbakat yang eksis di Kota Padang.

“Contohnya yang eksis dan sampai level nasional, yaitu Fomalhaut Zamel yang menjadi narasumber dalam workshop kemarin,” sebutnya.

Menurut Wirdanis lagi, pelatihan desain fashion juga mendapat dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang. Peserta pelatihan mendapatkan beberapa masukan dari Dekranasda dalam mengembangkan kreatifitas dan promosi.

“Disamping penguatan dengan pelatihan dari Dinas Pariwisata, dalam hal ini Dekranasda Kota Padang juga sangat mendukung pengembangan dan promosi dari usaha ekonomi kreatif,” katanya.

Adapun komunitas pelaku ekonomi kreatif di Kota Padang sangat diuntungkan dengan keberadaan gedung Youth Center. Semua sub sektor termasuk desain fasyen bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk tempat pelatihan, pertemuan, promosi dan sebagainya.

Baca juga: 

“Fasilitas gedung Youth Center ini bisa kita manfaatkan untuk pusat kegiatan ekonomi kreatif, karena memang Pemerintah Kota Padang menyediakan untuk komunitas,” imbuhnya. [DU]

 

Ikuti Google News dan KabaPadang dari Kabapedia Network 

No More Posts Available.

No more pages to load.