Dispar Padang Gelar Workshop Fashion Design Bagi Pelaku Ekraf

oleh -167 Dilihat
Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang menggelar workshop fashion design bagi sejumlah pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) sub sektor fasyen. Kegiatan edukasi ini digelar di Mini Teater Youth Center, Rabu (18/9/2024). [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang menggelar workshop fashion design bagi sejumlah pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) sub sektor fasyen. Kegiatan edukasi ini digelar di Mini Teater Youth Center, Rabu (18/9/2024). Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Wirdanis menyebut, sub sektor fasyen termasuk salah satu potensi penggerak ekonomi. Terbukti banyak perancang – perancang fasyen berbakat yang eksis di ibukota provinsi Sumatera Barat tersebut.

Baca juga:

“Kami dari Dinas Pariwisata Kota Padang mendorong agar sub sektor fasyen semakin bertumbuh. Untuk itu pembinaan dan pendampingan serta pelatihan selalu diberikan terutama bagi perancang pemula,” ujarnya.

Menurut Wirdanis, pelatihan desain fashion juga mendapat dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang. Peserta pelatihan mendapatkan beberapa masukan dari Dekranasda dalam mengembangkan kreatifitas dan promosi. “Disamping penguatan dengan pelatihan dari Dinas Pariwisata, dalam hal ini Dekranasda Kota Padang juga sangat mendukung pengembangan dan promosi dari usaha ekonomi kreatif,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, komunitas pelaku ekonomi kreatif di Kota Padang sangat diuntungkan dengan keberadaan gedung Youth Center. Semua sub sektor termasuk desain fasyen bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk tempat pelatihan, pertemuan, promosi dan sebagainya.

“Fasilitas gedung Youth Center ini bisa kita manfaatkan untuk pusat kegiatan ekonomi kreatif, karena memang Pemerintah Kota Padang menyediakan untuk komunitas,” imbuhnya.

Dia menambahkan, komunitas pelaku design fashion dalam cakupan dunia mode di Kota Padang bukan saja terfokus dalam merancang pakaian, tetapi juga desain logo, desain produk, packaging dan media informasi serta media sosial. Sehingga sub sektor itu menjadi pilihan usaha yang sangat menjanjikan dan menjawab tantangan bagi desainer muda.

“Kami berharap peserta mengikuti workshop ini dengan serius agar meningkatkan pengetahuan terkait desain fasyen,” tandasnya.

Baca juga:

Dinas Pariwisata Kota Padang menghadirkan narasumber para pelaku desain fasyen berpengalaman dan profesional. Diantara narasumber yaitu, Oyong Ricardo, Fomalhaut Zamel, Fitri Majid, Ike Seroja, Rihendra, Febi Afrian dan Haslinda.  Kegiatan workshop tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu (18/9) sampai dengan Jumat (20/9). [DU/Kpd]

 

Ikuti Google News dan KabaPadang dari Kabapedia Network 

No More Posts Available.

No more pages to load.