Sejarah Masuknya Islam di Semenanjung Malaya hingga Indonesia

oleh -294 Dilihat
Sejarah Masuknya Islam di Semenanjung Malaya hingga Indonesia. Ilustrasi [Grafis: Dok. Ist]

Jakarta, Kabapedia.com – Kali ini kita akan membahas secara detail mengenai sejarah penyebaran Islam dengan peta dan lokasi-lokasinya. Semoga Anda dapat mengikuti dengan baik. Sebelum itu, mari kita bahas beberapa sumber yang akan digunakan, yakni: beberapa buku, yang sebagian di antaranya adalah karya ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga:

Buku-buku ini ditulis oleh profesor dan dokter, seperti Prof. Dr. Sayid Muhammad Najib al-Attas, yang baru-baru ini meluncurkan buku terbarunya mengenai pemikiran Islam. Beliau memulai dari survei kecil mengenai sumber-sumber yang sulit dipertanggungjawabkan hingga yang kuat, kemudian menulis buku yang lebih tebal berjudul “Preliminary Statement on General Theory of the Islamization of the Malay Indonesian Archipelago” dalam bahasa Inggris untuk mempermudah pemahaman ilmuwan non-Asia Tenggara. Buku ini kemudian berkembang menjadi *Historical Facts and Fiction*, yang membahas fakta sejarah dan fiksi dalam penyebaran Islam.

Ada juga buku terbaru dari salah satu murid beliau, Tatiana Denisova, seorang berkebangsaan Rusia, berjudul “Marginalia on Malay Muslim Historiography”. Buku ini penting untuk yang ingin membaca secara kritis sumber-sumber sejarah Melayu seperti Hikayat Raja Pasai, Sejarah Melayu, Sulalatus Salatin, Hikayat Aceh, Tajus Salatin, Bustanus Salatin, Hikayat Iskandar Zulkarnain, dan Hikayat Bayan Budiman. Banyak dari kitab-kitab klasik Melayu ditulis menggunakan huruf Jawi, dan kita tidak perlu ragu untuk menggunakannya asalkan kita mengikuti metode pembacaan yang benar.

Dari ketiga buku ini, saya akan merangkum informasi penting dalam satu kali duduk. Semoga kajian ini, yang memang cukup berat, dapat disajikan dengan lebih ringan.

Catatan Awal Penyebaran Islam

No More Posts Available.

No more pages to load.