Sejarah dan Fakta Unik Tikungan Ekstrem Sitinjau Lauik

oleh -434 Dilihat
Jalur ekstrem Sitinjau Lauik, salah satu jalur dengan tingkungan tajam di Jalan Lintas Sumatra. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Tanboy Kun]

Padang, Kabapedia.com – Assalamualaikum, dunsanak! Sitinjau Lauik, yang berada di Jalan Lintas Padang-Solok, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), dikenal sebagai jalanan dengan tikungan ekstrem dan punya pemandangan indah. Asal-usul namanya yang berasal dari cerita turun-temurun serta keindahan sekitar membuat banyak YouTuber tertarik membuat konten di sini.

Baca juga:

Nah, pada ulasan kali ini Kabapedia.com akan membahas seputar “Sejarah dan Fakta Unik Tikungan Ekstrem Sitinjau Lauik“. Yuk simak ulasannya hingga akhir.

Asal-usul Nama

Menurut cerita yang berkembang, Sitinjau Lauik berarti “meninjau laut”. Pada zaman kolonial, penduduk Solok ingin memastikan keberadaan koloni Belanda dari kejauhan. Nama ini juga terkait dengan kondisi geografis daerah yang berada di ketinggian 220 meter, sehingga memungkinkan untuk melihat keindahan Kota Padang dari kejauhan.

Keindahan dan Tantangan

Sitinjau Lauik menawarkan pemandangan gunung dan pepohonan rindang, terutama saat senja. Namun, daerah ini juga dikenal rawan kecelakaan karena jalan yang curam dan berkelok-kelok. Peninggian jalan yang dilakukan belakangan ini sedikit mengurangi kecelakaan, tetapi tantangan tetap ada, terutama saat hujan yang menyebabkan tanah longsor dan banjir.

Sisi Mistis

No More Posts Available.

No more pages to load.