Rencana Gencatan Senjata di Gaza dan Tanggapan Hamas

oleh -505 Dilihat
Pasukan Israel melancarkan serangan di Jalur Gaza tengah pada hari Selasa. [Foto: Dok. AFP]

Doha, Kabapedia.com – Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken telah tiba di Qatar untuk mendorong kesepakatan mengenai gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan pembebasan sandera yang saat ini belum tercapai setelah Hamas menanggapi proposal terbaru tersebut. Blinken dikatakan terjaga hingga larut malam untuk menilai naskah yang diserahkan Hamas kepada mediator Qatar dan Mesir.

Baca juga:

Kelompok bersenjata Palestina mengatakan mereka siap untuk “menangani secara positif” proses tersebut tetapi menekankan perlunya Israel menyetujui gencatan senjata permanen. Pemerintah Israel belum berkomentar, namun seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya mengatakan tanggapan Hamas sama dengan penolakan.

Dilansir dari BBC, kunjungan Blinken ke Doha, di mana ia bertemu dengan para pemimpin Qatar untuk mencoba mendorong rencana tersebut ke depan. Lokasi Teluk yang gemerlap ini memungkiri perasaan krisis regional yang ingin diselesaikannya melalui tur diplomatik yang dilakukan dengan kecepatan sangat tinggi. Pada hari Selasa, Blinken mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menegaskan kembali komitmennya terhadap proposal gencatan senjata dan hanya Hamas yang menghalangi kemajuan tersebut.

Namun, Netanyahu belum secara terbuka mendukung rencana tersebut, yang menurut Presiden AS Joe Biden telah ditawarkan oleh Israel ketika ia menguraikannya 12 hari lalu. Pernyataan singkat yang dikeluarkan Hamas pada Selasa malam menegaskan bahwa pihaknya telah memberikan tanggapan resmi terhadap rencana gencatan senjata terbaru, yang telah mendapat dukungan luas internasional dan didukung oleh Dewan Keamanan PBB pada hari Senin.

Pernyataan ini menegaskan kembali tuntutan atas apa yang disebut Hamas sebagai “penghentian total agresi yang sedang berlangsung terhadap Gaza”, dan penarikan penuh pasukan Israel dari wilayah Palestina.

Seorang pejabat Hamas, Izzat al-Rishq, mengatakan tanggapan tersebut “bertanggung jawab, serius dan positif” dan membuka “jalan lebar” untuk mencapai kesepakatan. Kantor perdana menteri Israel tidak mengeluarkan jawaban tertulis. Namun sebuah pernyataan dikeluarkan oleh seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan bahwa Hamas telah “mengubah semua parameter utama dan paling berarti” dan “menolak proposal pembebasan sandera yang diajukan oleh Presiden Biden”.

Reaksi yang lebih kritis kini ditunggu dari para mediator, setelah mereka mempelajari proposal tersebut dan menilai sejauh mana amandemen yang dilakukan Hamas. Pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan Blinken mengirim dua tokoh senior pemerintahan Biden, Barbara Leaf dan Derek Chollet, dari hotel delegasi AS di ibu kota Yordania, Amman, untuk menerima dokumen dari kepala intelijen Mesir Abbas Kamel, yang juga tinggal di kota tersebut. .

Qatar dan Mesir mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa mereka akan mempelajari tanggapan Hamas dan “berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai langkah selanjutnya”. Mereka juga berjanji untuk melanjutkan upaya mediasi mereka dengan AS “sampai kesepakatan tercapai”.

Militer Israel melancarkan kampanye di Gaza untuk menghancurkan Hamas sebagai tanggapan atas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan 251 lainnya disandera. Lebih dari 37.160 orang telah terbunuh di Gaza sejak itu, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di wilayah tersebut.

Sebuah kesepakatan yang disepakati pada bulan November menunjukkan bahwa Hamas membebaskan 105 sandera sebagai imbalan atas gencatan senjata selama seminggu dan sekitar 240 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel. Israel mengatakan 116 sandera masih ditahan, 41 di antaranya diperkirakan tewas.

Biden mengatakan proposal baru tersebut melibatkan tiga tahap. Yang pertama adalah gencatan senjata awal selama enam minggu, ketika Hamas akan membebaskan beberapa sandera – termasuk wanita, orang tua dan orang sakit atau terluka – sebagai imbalan bagi Israel untuk membebaskan tahanan Palestina dalam jumlah yang tidak ditentukan.

Fase kedua adalah pembebasan seluruh sandera yang masih hidup dan penarikan seluruh pasukan Israel dari Gaza sebagai bagian dari “penghentian permusuhan permanen”, namun hal tersebut masih harus dinegosiasikan lebih lanjut. Pada tahap ketiga, jenazah sandera yang tewas akan dikembalikan dan rencana rekonstruksi besar-besaran di Gaza akan dimulai.

Dalam pidatonya di konferensi bantuan Gaza di Yordania pada Selasa sore, Blinken mengatakan satu-satunya cara paling efektif untuk mengatasi krisis kemanusiaan di wilayah Palestina adalah dengan menyetujui gencatan senjata segera.

“Ketika saya bertemu Perdana Menteri Netanyahu kemarin di Israel, dia menegaskan kembali dukungan dan komitmennya untuk membawa proposal ini sampai ke garis akhir.”

Dia menambahkan: “Saat ini… hanya satu hal yang menghalangi terwujudnya kesepakatan ini, dan itu adalah Hamas.” “Jadi pesan utama dan pertama saya hari ini kepada setiap pemerintahan, kepada setiap lembaga multilateral, kepada setiap organisasi kemanusiaan yang ingin meringankan penderitaan besar di Gaza: Minta Hamas untuk mengambil kesepakatan.”

Ia menegaskan bahwa Hamas “tidak perlu banyak diyakinkan” karena kesepakatan tersebut “hampir sama” dengan kesepakatan yang diusulkan kelompok tersebut pada tanggal 6 Mei. Meskipun Gedung Putih sebenarnya sedang berusaha mendorong kedua pihak untuk mencapai kemajuan dalam sebuah perjanjian, para pemimpin Israel masih sangat skeptis terhadap hal tersebut.

Para menteri sayap kanan menekan Netanyahu untuk mengabaikan diplomasi Washington dan mengancam akan keluar dari koalisi pemerintahannya dan memicu keruntuhan koalisi jika proposal yang didukung AS tersebut dikabulkan, karena mereka menganggapnya sebagai penyerahan diri kepada Hamas.

Baca juga:

Perdana Menteri belum secara tegas menyatakan dukungannya terhadap rencana tersebut, yang dia akui telah disahkan oleh kabinet perangnya. Proposal Israel yang sebenarnya – dilaporkan lebih panjang dari ringkasan yang disampaikan oleh Biden – belum dipublikasikan dan tidak jelas apakah proposal tersebut berbeda dari apa yang disampaikan presiden. Pernyataan itu disampaikan kepada Hamas beberapa hari sebelum pidato Biden. [R15]

 

Ikuti Google News dan berita Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.