6 Daerah Tersepi di Sumbar!! Kebanyakan Hutan dan hanya 15 jiwa per Km²

oleh -1540 Dilihat
Salah satu pulau indah di Kabupaten Kepulauan Mentawai. [Foto: Dok. Kemenko PMK]

Padang, Kabapedia.com – Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memiliki total 19 daerah atau kabupaten/kota. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 jumlah penduduk Sumbar mencapai 5.640.629 jiwa.

Namun tahukah kamu, penyebaran penduduk di provinsi ini tidak merata di sejumlah daerah, karena dipengaruhi beberapa faktor, terutama soal geografis. Bahkan ada sejumlah daerah yang memiliki kepadatan penduduk yang sedikit alias sepi.

Nah, kali ini kita akan membahas ‘6 Kabupaten Kota Paling Sepi di Sumatra Barat’ dilansir Kabapedia.com dari ulasan video kanal YouTube Netizen Pasbar, berdasarkan rumus kepadatan penduduk yaitu, jumlah penduduk dibagi luas wilayah kabupaten atau kota.

Perlu diingat karena persebaran penduduk wilayah perkotaan umumnya lebih padat dibanding kabupaten, dan karena luas wilayah perkotaan yang lebih kecil dibandingkan wilayah kabupaten, maka kita akan urutkan secara terpisah berdasarkan status daerah otonom.

Namun tahukah kamu, dari 6 daerah, bahkan ada kota di Sumbar yang masuk jajaran 10 kota paling sepi di Indonesia. Dari pada penasaran, berikut ‘6 Kabupaten Kota Paling Sepi di Sumatra Barat’.

Kota Pariaman

Wilayah Kota Pariaman. [Foto: Dok. Pemko Pariaman]
“Pariaman tadanga langang batabuik mangkonyo rami” barisan bait lagu tersebut agaknya tepat dengan kondisi kepadatan penduduk di Kota Pariaman. Pasalnya, Kota Pariaman masuk sebagai kota paling sepi penduduk nomor 3 di Sumbar.

Diketahui, Pariaman merupakan kotamadya cukup muda di Sumbar. Kota ini dimekarkan dari Kabupaten Padang Pariaman dan sudah berusia 20 tahun. Dan berdasarkan data bebas Sumbar terbaru Kota Tabuik ini memiliki total jumlah penduduk sebanyak 95.294 jiwa untuk tahun 2021.

Jumlah tersebut menjadikan Pariaman sebagai kota dengan jumlah penduduk paling sedikit nomor 4 di Sumbar. Total luas wilayah Kota Pariaman ialah 73,36 km². Dan tahukah kamu Kota Pariaman merupakan satu dari dua kota di Sumbar, yang tidak memiliki hutan lindung dan suaka alam.

Dari total luas wilayah daratan dan jumlah penduduk tersebut kepadatan penduduk di Kota Pariaman ialah 1.298 jiwa per kilometer perseginya, menjadikannya sebagai kota paling sepi penduduk nomor 3 di Sumbar.

No More Posts Available.

No more pages to load.