10 Ikon Khas Jalan Tol Trans Jawa

oleh -607 Dilihat
10 Ikon Khas Jalan Tol Trans Jawa. [Foto: Dok. PBJT]

Bekasi, Kabapedia.com – Momentum mudik Lebaran Idul Fitri menjadi hal yang sangat ditunggu oleh masyarakat muslim di Indonesia setiap tahunnya. Khusus pengguna jalur darat, mudik via jalan tol merupakan pilihan tepat.

Kehadiran infrastruktur Jalan Tol yang dibangun pemerintah, dari masing-masing 49 pengelola Jalan Tol di Indonesia, yang saat ini telah beroperasi seluruhnya yakni sepanjang 2.624 km dengan 70 ruas jalan tol tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

Sebelumnya, ribuan Km jalan berbayar tersebut merupakan prioritas pembangunan yang digawangi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Untuk kamu yang mudik via Jalan Tol Trans Jawa ada banyak hal menarik yang bisa membunuh kejenuhan kamu. Jalan Tol ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi ikon menemani perjalanan mudik mulai dari Jalan Tolnya, Gerbang Tol, Jembatan Penghubung, Rest Area, Masjid tempat ibadah, Inovasi Teknologi, dan keindahan alamnya yang dapat menyejukkan perjalanan mudik seperti yang ada di ruas tol Trans Jawa yakni sebagai berikut :

1. Jalan Layang MBZ

Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ) merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang membentang panjang dari wilayah Junction Cikunir hingga Karawang Barat. Dibangunnya Tol ini untuk memisahkan pergerakan komuter jarak pendek Jakarta-Bekasi-Cikarang (lajur kolektor/eksisting) dengan pergerakan jarak jauh tujuan Cirebon, Bandung, Semarang, dan Surabaya (lajur ekspres/layang), khususnya golongan I non-bus.

2. Gerbang Tol Cikampek Utama

Berada di KM 70 Jalan Tol Jakarta – Cikampek, Gerbang Tol Cikampek Utama menerapkan sistem transaksi terbuka untuk kendaraan yang menuju ke Jalan Tol Cikampek – Palimanan arah Trans Jawa.

3. Jalan Tol Cikampek – Palimanan

Jalan Tol Cikampek – Palimanan sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan Jalan Tol terpanjang di Pulau Jawa yang melintasi 5 kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon. Jalan Tol ini terkoneksi dengan Jalan Tol Cisumdawu tepatnya di Seksi 6 dikoneksikan dengan Junction Dawuan dan terkoneksi Akses Tol Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

4. Jembatan Kali Kuto

Jembatan Kali Kuto yang merupakan salah satu ikon di Jalan Tol Trans Jawa dengan bentuk melengkungnya yang menjadi ikonik dan daya tarik berwarna merah menyala menghubungkan dua kabupaten yakni Batang dan Kendal yang berada di ruas tol Batang – Semarang.

5. Rest Area Banjaratma

Rest Area KM 260B Banjaratma yang berada di Jalan Tol Pejagan – Pemalang ini menjadi salah satu ikon rest area di Jalan Tol Trans Jawa. Bangunan dengan konsep pabrik gula Banjaratman peninggalan Belanda yang sangat vintage dengan aksen batu bata kesan zaman dahulu sehingga dapat dinikmati oleh para pemudik dengan beragam fasilitasnya yang lengkap.

6. Masjid Rest Area Km 429 Jalan Tol Semarang – Solo

Masjid megah dengan arsitektur kubah modern berwarna merah bulat dan corak berwarna kuning emas ini berada di rest area Km 429 Jalan Tol Semarang – Solo. Selain itu di rest area ini pemudik dapat menikmati beragam kuliner khas daerah hingga panorama Gunung Ungaran.

7. Gerbang Tol Kalikangkung

Gerbang Tol Kalikangkung terletak di Jalan Tol Batang – Semarang Km 414, Jawa Tengah dan menjadi titik terakhir penerapan rekayasa lalu lintas One Way oleh pihak kepolisian. Gerbang tol ini merupakan salah satu gerbang tol yang menghubungkan beberapa akses ke seluruh pulau Jawa.

8 Singing Road Jalan Tol Ngawi – Kertosono

Terletak di Jalan Tol Ngawi – Kertosono – Kediri Km 616 singing road ini dipasang, namun pada titik tersebut hanya terdapat dua nada saja. Untuk Singing Road kedua berada di Km 644+200 B (arah Madiun-Solo) yang terdiri dari enam nada sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, yaitu nada “happy birthday to you” atau selamat ulang tahun.

Singing Road merupakan marka jalan berupa “Speed Trap” dan menjadi inovasi yang baru diterapkan untuk meningkatkan keselamatan dalam bekendara khususnya menghindari rasa ngantuk pengemudi.

9. Gerbang Tol Salatiga Gn. Merbabu

Gerbang Tol dengan pemandangan indah yaitu Gerbang Tol Salatiga yang ada di Jalan Tol Semarang – Solo dengan latar belakang Gunung Merbabu.

Baca Juga: Tarif Lengkap Jalan Tol Trans Jawa Buat Mudik, Cek di Sini!!

Disamping itu, sekitar Jalan Tol Semarang – Solo yang dijuluki sebagai Panoramic Toll Road ini menyuguhkan pemandangan indah mulai dari lereng bukit, pegunungan, area persawahan yang dapat melepas lelah sekaligus penat bagi para pengendara yang melintas sekaligus menikmati udara segar.

10. Jembatan Klodran Jalan Tol Solo – Ngawi

Jembatan Klodran yang menjadi salah satu ikon perjalanan Trans Jawa selama berkendara di Jalan Tol Solo – Ngawi sebagai jembatan simpang susun yang dibuat dengan struktur menggunakan cable stayed yang memenuhi unsur estetika, dan juga kualitas strukturnya. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.