PT Pegadaian Janji Selesaikan Persoalan Bank Sampah Mati Suri di Kota Padang

oleh -287 Dilihat
FORSEPSI (Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia) Kota Padang bersama PT Pegadaian gelar acara buka puasa bersama di Hotel UNP, Kota Padang, Minggu (31/3/2024). [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – FORSEPSI (Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia) Kota Padang bersama PT Pegadaian gelar acara buka puasa bersama di Hotel UNP, Kota Padang, Minggu (31/3/2024).

Kegiatan ini dihadiri Deputi Pegadaian Area Padang, M Noer Udin Nastain dan Direktur BSI Pancadaya yang juga Ketua FORSEPSI, Mira Dewi, Ketua FORSEPSI Kota Padang, Refwildon, beserta ratusan anggota FORSEPSI Kota Padang.

Baca juga:

Deputi Pegadaian Area Padang, M Noer Udin Nastain dalam sambutannya mengatakan, program bank sampah sangat luar biasa sebagai inisiatif strategis PT Pegadaian untuk menjaga kelestarian lingkungan dan juga bernilai ekonomis.

“Kita tidak terfikir sebelumnya, bahwa inisiasi sampah bisa menjadi emas. Itu luar biasa,” ujar Noer Udin.

Dia menjelaskan, PT Pegadaian akan selalu memberi dukungan penuh untuk program bank sampah. Tahun 2024 ini PT Pegadaian akan mengintensifkan penyelesaian persoalan banyaknya bank sampah di Kota padang yang masih ‘mati suri’ atau kurang eksis.

“Kita akan mengintensifkan dari (anggota) bank sampah ini menjadi agen-agen kita. Nantinya dengan menjadi agen-agen kita, harapannya mereka akan lebih memotivasi lagi mengembangkan usahanya. Jika ada yang berhasil menjadi agen bank sampah dan agen Pegadaian juga, ini akan memotivasi teman-teman yang lain untuk ikut serta,” terang dia.

Dia melanjutkan, peran para anggota bank sampah, terutama bank sampai Pancadaya yang berada di bawah binaan Pegadaian, sangat membatu Pemko Padang dalam mengatasi persoalan penumpukan sampah yang terjadi di TPA Air Dingin. Selain itu, tentunya ratusan kilo hingga ton sampah yang berhasil di kumpulkan mempunyai nilai ekonomis yang dapat ditukarkan dengan tabungan emas Pegadaian.

“Emas adalah investasi yang sangat menguntungkan. Saat ini lonjakan harga emas sangat luar biasa. Emas tak saja jadi alat investasi, namun juga menjadi aset lindung nilai untuk memberi aman kepada masyarakat,” tutup dia.

Bagikan 400 Paket Lebaran dan 200 Beasiswa 

Deputi Pegadaian Area Padang, M Noer Udin Nastain menyerahkan paket lebaran kepada salah satu anggota bank sampah Pancadaya binaan PT Pegadaian, didampingi Direktur BSI Pancadaya yang juga Ketua FORSEPSI, Mira Dewi. [Foto: Dok. Kabapedia.com]
Sementara itu, Direktur BSI Pancadaya, Mira Dewi mengatakan, sangat mengapresiasi PT Pegadaian yang telah memberikan bantuan, support selama ini.

“Beberapa prestasi telah diperoleh dari unit kita. Ini bentuk dari apresiasi dan dukungan dari Pegadaian dan Dinas Lingkungan hidup,” ujar Mira.

Sebagai hadiah dan apresiasi kepada para anggota, pada Lebaran Idul Fitri tahun 2024 ini sebanyak 400 paket lebaran akan diberikan kepada pengurus FORSEPSI seluruh Indonesia senilai Rp62 juta yang merupakan bantuan langsung dari PT Pegadaian.

“Kita sangat berterima kasih kepada PT Pegadaian untuk Paket lebaran ini. Selain itu juga ada bantuan beasiswa anak sekolah sebanyak 200 kuota bagi anggota FORSEPSI,” tutup dia.

Di kesempatan sama, Ketua FORSEPSI Kota Padang, Refwildon juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Pegadaian yang telah memberikan dukungan penuh selama ini kepada puluhan bank sampah di Kota Padang yang berada di bawah FORSEPSI.

Baca juga:

Sementara Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang yang diwakili pejabat terkait mengatakan, PT Pegadaian telah menjadi motor penggerak hidupnya Bank sampah di Kota Padang, sehingga dapat menekan jumlah sampah yang menumpuk di TPA. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.