PSSI Sumbar tak mau gegabah putar Liga 3, ini penyebabnya

oleh -444 Dilihat

Padang, Kabapedia.com – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumatra Barat ternyata tak mau gegabah menggulirkan Liga 3 tahun 2022 meski mereka sudah menyepakati regulasi serta pembagian grup bersama tim peserta liga amatir tersebut.

Pasalnya rapat antara PSSI Sumbar dan perwakilan tim Liga 3 Sumbar beberapa hari lalu telah menyepakati tindaklanjut kompetisi yang masih menunggu arahan PSSI pusat.

Hal ini diamini oleh Ketua Panitia Liga 3 Sumbar Yulius Dede. Menurut mantan wasit nasional ini semua bergantung dengan keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru dalam menggelar Liga 2.

Dede memaparkan ada sejumlah poin yang menjadi kesepakatan bersama dalam melihat persoalan ini dan tentu pihaknya tak mau gegabah dalam bersikap karena saat ini sudah memasuki tahun 2023  sementara yang akan diputar ini Liga 3 2022.

Yulius Dede menjelaskan kesepakatan pertama jika PSSI memutar Liga 2 maka Liga 3 zona Sumbar tahun 2022 dilanjutkan sesuai dengan regulasi Liga 3 2022.

Kedua jika PSSI tidak memutar Liga 2 maka Liga 3 zona Sumbar tahun 2022 tidak dilanjutkan dan Liga 3 2023 dilaksanakan pada tahun 2023 dengan regulasi Liga 3 2023 yang dikeluarkan PSSI.

“Jika Liga 3 zona Sumbar 2023 dilaksanakan untuk klub peserta boleh ditambah,” kata dia.

Pelaksanaan Liga 3 zona Sumbar menunggu keputusan Rapat Exco PSSI dan keputusan kongres PSSI pusat dan jika ini sudah ada hasil maka kita dapat mengambil keputusan yang telah kita sepakati bersama.

PSSI Sumbar sebelumnya telah menggelar pertemuan dengan tim peserta Liga 3 2022 dan melakukan rapat teknis yang bertujuan mengesahkan regulasi pertandingan hingga pembagian grup. Semua itu sudah siap digelar, bahkan Liga 3 Sumbar ini digadang-gadang akan memperebutkan Piala Kementerian Perdagangan.

Kompetisi ini disepakati diikuti 21 tim yang terbagi dalam empat grup. Setiap grup digelar di empat venue yaitu Stadion Ahmad Karim Tigo Nagari Pasaman Barat, Stadion H. Ilyas Yakub Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dan Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman.

Pembagian grup Liga 3 zona Sumbar 2022 ini mulai dari Grup A yang ditempati tuan rumah PSKPS Pasaman, Persiku Sijunjung, PSBB Batusangkar, PSPP Padang Panjang, PSP Padang dan PSKB Bukittinggi yang akan digelar di Stadion Ahmad Karim, Tigo Nagari Pasaman Barat.

Untuk Grup B yang digelar di Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota ditempati PES Pessel, Gumarang FNKB, PS. Machcudum’s, Persepak Payakumbuh dan Persepar Pariaman.

Kemudian Grup C ditempati lima tim yakni tuan rumah Gasliko 50 Kota, GMR FC Tanah Datar, Kompak Kampung Pisang, PS. Pasbar dan PS Dharmasraya.

Baca Juga : Minang Sejagat Angkat Trofi Juara Piala Soeratin U-15 Zona Sumbar

Terakhir di Grup D yang digelar Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman ditempati tuan rumah Persikopa Kota Pariaman, KLA-Dentis FC, Batang Anai FC, Absolute FC dan Sukur FC.

Namun ketika kompetisi akan dimulai, bencana itu datang. Terjadi kerusuhan yang mengakibatkan ratusan pendukung Arema Malang meninggal dunia usai pertandingan Arema menjamu Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu 1 Oktober 2022. Hasilnya seluruh kompetisi sepakbola di Indonesia dihentikan dan belum ada kejelasan hingga saat ini.[R9]

No More Posts Available.

No more pages to load.