Piala Eropa 2024: Swiss Tundukkan Hungaria 3-1

oleh -289 Dilihat
Michel Aebischer (kiri) dan Granit Xhaka merayakan kemenangan Swiss atas Hungaria dengan skor 3-1 dalam pertandingan Grup A Piala Eropa atau Euro 2024. [Foto: Getty Images/Justin Setterfield]

Cologne, Kabapedia.com – Tim nasional Swiss meraih kemenangan gemilang atas Hungaria dengan skor 3-1 dalam pertandingan Grup A Piala Eropa atau Euro 2024. Strategi jitu pelatih Murat Yakin berhasil mengeksploitasi kelemahan lawan dan membawa Swiss meraih tiga poin penting.

Baca juga:

Bertanding di Stadion Cologne pada Sabtu (15/6), Swiss langsung menggebrak dengan gol cepat pada menit ke-12. Kwadwo Duah sukses menuntaskan umpan terobosan dari Michel Aebischer dengan tembakan yang menggetarkan gawang Peter Gulacsi. Hakim garis sempat mengangkat bendera offside, namun gol tersebut dinyatakan sah setelah tinjauan Video Assistant Referee (VAR).

Swiss hampir menggandakan keunggulan di menit ke-20. Kesalahan fatal dari Milos Kerkez di depan kotak penalti memberikan peluang emas bagi Ruben Vargas, namun tembakannya berhasil ditepis oleh Gulacsi.

Hungaria mencoba bangkit melalui tendangan bebas Dominik Szoboszlai pada menit ke-40 yang mengarah ke Willi Orban, tetapi sundulannya mudah ditangkap kiper Swiss, Yann Sommer. Justru Swiss yang kembali menambah keunggulan di akhir babak pertama.

Pada menit ke-45, serangan dari sisi kanan diakhiri dengan tembakan melengkung Aebischer yang tak mampu dijangkau oleh Gulacsi, membuat Swiss unggul 2-0 hingga jeda.

Di babak kedua, Swiss terus menekan. Duah nyaris mencetak gol keduanya pada menit ke-48, namun Gulacsi kembali melakukan penyelamatan gemilang. Enam menit kemudian, Vargas juga gagal menambah gol setelah tembakannya digagalkan kiper Hungaria tersebut.

Hungaria balas menyerang melalui sundulan Barnabas Varga pada menit ke-63, namun bola hanya melenceng tipis di sisi kiri gawang Swiss. Usaha Varga akhirnya membuahkan hasil tiga menit kemudian, saat ia berhasil memanfaatkan umpan silang Szoboszlai dengan sundulan yang tak mampu dihalau Sommer, mengubah skor menjadi 1-2.

Meski sempat meningkatkan moral, Hungaria gagal menyamakan kedudukan. Justru Swiss yang memastikan kemenangan dengan gol ketiga pada injury time. Pada menit ke-90+3, sundulan Orban yang berniat membuang bola malah jatuh ke kaki Breel Embolo yang berdiri bebas. Dengan tenang, Embolo melambungkan bola melewati Gulacsi, memastikan kemenangan Swiss 3-1.

Baca juga:

Kemenangan ini menempatkan Swiss di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, sementara Hungaria berada di urutan ketiga tanpa poin, meski memiliki selisih gol lebih baik dibandingkan Skotlandia yang kalah 1-5 dari Jerman, pemuncak klasemen.

Susunan Pemain:

Hungaria: Péter Gulácsi, Ádám Lang (Bendegúz Bolla 46′), Willi Orbán, Attila Szalai (Márton Dárdai 79′), Attila Fiola, Ádám Nagy (László Kleinheisler 67′), András Schäfer, Milos Kerkez (Martin Ádám 79′), Roland Sallai, Dominik Szoboszlai, Barnabás Varga.

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schär, Dan Ndoye (Fabian Rieder 86′), Granit Xhaka, Remo Freuler (Vincent Sierro 86′), Silvan Widmer (Leonidas Stergiou 68′), Ruben Vargas (Breel Embolo 74′), Michel Aebischer, Kwadwo Duah (Zeki Amdouni 68′). [isr]

 

Ikuti Google News dan berita Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.