Pencairan Bantuan Langsung Tunai Mitigasi Risiko Pangan dan PKH Tahap 2

oleh -178 Dilihat
Ilustrasi: Pencairan bansos Rp600 ribu, benarkah BLT Mitigasi Risiko Pangan? /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/Pos Indonesia. [Foto: Dok. Ist]

Jakarta, Kabapedia.com – Menko Airlangga Hartarto telah mengumumkan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan (MRP) dan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 2 akan dicairkan paling lambat tanggal 30 Juni 2024.

Sejumlah daerah, seperti Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, telah merasakan manfaat dari BLT Mitigasi sebesar Rp600 ribu.

Baca juga:

Namun, masih ada banyak masyarakat yang harus memastikan status mereka sebagai penerima bantuan ini. Berikut adalah cara mudah untuk mengecek status penerima BLT Mitigasi 2024:

1. Menggunakan Situs Web Kemensos

Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id dan isi detail yang diminta seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan. Masukkan nama sesuai KTP dan kode verifikasi, lalu klik “cari data” untuk mengetahui status sebagai penerima BLT.

2. Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Unduh aplikasi “Cek Bansos” dari Kementerian Sosial di perangkat mobile. Daftar dengan nomor Kartu Keluarga dan NIK. Verifikasi akun dengan foto KTP dan selfie bersama KTP. Gunakan aplikasi ini untuk cek status penerimaan BLT.

Selain itu, bantuan sosial seperti PKH Tahap 2 dan bantuan sembako pangan untuk bulan April 2024 juga telah disalurkan. Kabar gembira ini disampaikan oleh sejumlah penerima manfaat di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Proses penyaluran bansos dilakukan bertahap, dimulai dari PKH tahap 2 dan diikuti oleh bantuan sembako.

Penerima bansos akan menerima bantuan sesuai dengan kategori mereka. Misalnya, penerima kategori lanjut usia akan mendapatkan Rp2,4 juta per tahun untuk PKH tahap 2, sementara bantuan sembako pangan sebesar Rp200.000 per bulan.

Baca juga:

Dengan informasi ini, diharapkan masyarakat penerima bansos dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara maksimal untuk kebutuhan sehari-hari. [R11]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.