Pelajar Bakal Tawuran Bawa Senjata Tajam Ditangkap

oleh -360 Dilihat
Belasan pelajar saat diamankan personil Satpol PP Padang. [Foto: Dok. Satpol PP Padang]

Padang, Kabapedia.com – Diduga bakal tawuran, puluhan pelajar diamankan Polresta Padang di kawasan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (17/3/23) siang.

Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Satpol PP Kota Padang, Rozaldi menjelaskan, total pelajar yang diserahkan ke Satpol PP sebanyak 19 orang. Mereka yakni pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 16 orang, pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) satu orang dan Sekolah Menengah Pratama (SMP) dua orang.

“Tadi ada satu orang di tinggal di Polresta Padang, karena membawa senjata tajam dan total yang diserahkan ke Satpol PP sebanyak 19 orang untuk dilakukan pembinaan,” ujar Rozaldi kepada Kabapedia.com.

Saat ditanya petugas Satpol PP, berbagai alasan yang disampaikan para pelajar, ada yang mengatakan dirinya datang ke lapangan bola yang berada di Seberang Padang tersebut lantaran di ajak teman, dan ada juga yang memberikan alasan karena adanya ulang tahun SMK yang akan di adakan di sana.

“Ini adalah upaya kita bersama dalam menjaga generasi penerus bangsa ini, jangan biarkan mereka menjadi anak-anak yang berbuat kriminal atau mereka yang akan menjadi korban,” tutur Rozaldi.

Dirinya berharap, sesuai arahan pimpinan, masyarakat juga harus ikut berperan aktif bersama-sama dengan aparat dalam melakukan pengawasan terhadap pelajar yang nakal.

“Jika ada kita temui indikasi akan terjadi aksi tawuran antar pelajar, segera laporkan kepada Satpol PP atau kepolisian terdekat untuk dilakukan pencegahan, dan diharapkan kepada pihak sekolah untuk dapat berperan aktif melakukan pemantauan terhadap murid yang bolos/tidak masuk pada jam pelajaran kelas, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan bagi diri mereka,”tambahnya.

Ke 19 orang pelajar tersebut, Satpol PP Kota Padang, akan memanggil pihak keluarga pelajar tersebut sebagai penjamin.

Baca Juga:  Satpol PP amankan Dua Siswi Asyik Ngudut di Pantai Padang

“Mereka akan kita lepaskan, setelah pihak keluarga datang sebagai penjamin, kita tetap lakukan pembinaan bersama pihak keluarganya,” tutup Rozaldi. [R9/Kpd]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News