Kopi Kapsul Sidikalang Curi Perhatian F1 PowerBoat 2023

oleh -526 Dilihat
Penampakan kemasan kopi Sidikakang yang disajikan di event F1 PowerBoat 2023. [Foto: Dok. InfoPublik/Agus Siswanto]

Toba, Kabapedia.com – Produk kopi Sidikalang mencuri perhatian saat pagelaran event F1 PowerBoat 2023, yang digelar di Danau Toba. Sidikalang, sebutan untuk kopi robusta dan arabika yang dikembangkan di Kecamatan Sidikalang, ibu kota dari Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Ada beberapa kemasan Kopi Sidikalang yang biasa kita temui. Misalnya, kemasan standing pouch craft yang terbuat dari kertas coklat dan dilapisi bagian dalamnya oleh alufoil. Kemasan ini cukup cantik sehingga kopi dalam kemasan bisa terlihat dari luar.

Kemudian, ada juga kemasan standing pouch aluminium foil, yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini.

Uniknya, di gelaran F1 PowerBoat 2023 di Danau Toba, kita bisa melihat dan menikmati segelas Kopi Kapsul Sidikalang di depan ruang Media Center F1 PowerBoat 2023 di Gedung Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige.

Pada kesempatan ini tak sedikit awak media yang penasaran dengan Kopi Sidikalang, yang dikemas dengan kapsul, sehingga terlihat unik.

“Kopi Kapsul Sidikalang sendiri hasil dari buah pemikiran, kerjasama dan sinergitas dari puluhan pelaku dan pegiat kopi di Sidikalang,” beber Wakil Ketua Ekosistem Kopi Sidikalang dan Pelaku Pegiat Kopi Sidikalang, Sahat Maruli Sidabariba, dilansir Kabapedia.com dari kanal InfoPublik, Minggu (26/2/2023).

Dia menambahkan, “setiap pertemuan-pertemuan selalu di fasilitasi oleh Perindagkop Kabupaten Dairi dan Pemkab Kabupaten Dairi.” Menurut dia, kopi Sidikalang fine robusta yang dikemas dengan kapsul hasil seduhannya akan lebih presisi. Hal itu dikarenakan takaran kramasi yang sudah tepat.

“Untuk satu kapsul itu isi 6 gram kopi. Hasil seduhanya itu 25 mililiter. Satu kotak berisi 10 kapsul,” jelas dia.

Ia menjelaskan untuk penyajian Kopi Kapsul Sidikalang diseduh dengan mesin kopi kapsul terbaik, sehingga akan menghasilkan ekstraksi kopi yang optimal.

Kopi kapsul dengan istilah lainnya coffee pod adalah bubuk kopi siap seduh yang dikemas ke dalam kapsul eksklusif dengan takaran gramasi yang terukur. Dengan begitu, jelas dia, Kopi Kapsul Sidikalang siap disajikan kapan pun, dengan menggunakan mesin kopi kapsul yang ada.

Pada event F1 PowerBoat, jelas dia, pihaknya menyediakan gratis kepada mereka yang ingin mencoba cita rasa Kopi Kapsul Sidikalang. Mulai dari kru, pembalap hingga awak media peliput F1 PowerBoat 2023. Menurut Sahat, rata- rata mereka terkesan setelah mencoba Kopi Kapsul Sidikalang di event internasional ini.

Launching di Event F1 PowerBoat

Launching Kopi Kapsul Sidikalang bertepatan dengan acara Dairi’s Cultural Night Dinner yang merupakan jamuan makan malam untuk seluruh pembalap F1 PowerBoat di Toba Ball Room Labersa Hotel, pada Sabtu (25/2/2023).

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menjelaskan, Kopi Kapsul Sidikalang merupakan produk terbaru dari kopi Sidikalang.

Kopi Kapsul siap seduh ini dikemas ke dalam kapsul eksklusif dengan takaran gramasi terukur, sehingga siap untuk diseduh kapan pun. Ide Kopi Sidikalang Kapsul, jelas dia, untuk menindak lanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar tidak lagi mengirim barang- barang dalam bentuk bahan baku. Harus terlebih dahulu sudah diproses.

“Apabila diproses maka nilai tambahnya ada di negara kita diantaranya menyerap tenaga kerja, dan rantai pasoknya bekerja,” terang Eddy Keleng kepada InfoPublik.

Menurut dia, setelah melakukan pembicaraan dengan para petani kopi di Sidikakang responnya pun sangat positif.

“Maka munculah ide itu. Jika selama ini kita mengirim green bean kopi (biji kopi mentah), maka sekarang kita akan mencoba mengirim dalam bentuk roasted beans siap seduh atau kopi dalam bentuk bubuk,” jelas dia.

Baca Juga: Kuliner Minang Sambalado Cangkuak Khas Padang Panjang, Bikin Kamu Tambah Nasi Terus!!

Ia menyatakan bahwa teknologi kapsul ini dapat melindungi bubuk kopi di dalamnya dengan kedaluarsa hingga 18 bulan. Dengan kemasan kapsul ini, ia berharap konsumsi masyarakat terhadap Kopi Sidikalang bisa terus meningkat.

“Jika itu terjadi maka permintaan kopi- kopi yang ditanam petani akan tumbuh. Karena diproses dengan baik, maka harga pun akan meningkat,” kata dia. [*/isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.