Kemenag Sumbar Apresiasi Kontribusi Nyata LDII

oleh -399 Dilihat
Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi saat menerima audiensi Pengurus LDII Sumbar 2022-2027 di Kantor Kanwil Kemenag Sumbar di Padang, Senin (20/2/2023). [Foto: Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mengapresiasi kontribusi nyata, yang telah dilakukan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumbar, dalam melakukan pembinaan terhadap umat di provinsi itu.

“Kita berharap kontribusi nyata yang telah dilakukan ini dapat terus berlanjut dan kita siap mensinergikan program kegiatan dengan LDII Sumbar,” kata Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi saat menerima audiensi Pengurus LDII Sumbar 2022-2027 di Kantor Kanwil Kemenag Sumbar di Padang, Senin (20/2/2023).

Ia mengatakan Kemenag Sumbar memiliki tugas membantu Kementerian Agama membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong sesuai dengan PMA Nomor 18 2020.

Sementara misinya adalah meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, memperkuat moderasi dan kerukunan umat beragama, meningkatkan layanan pendidikan dan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kita dapat bersinergi bersama-sama membangun kesalehan umat beragama melalui program dakwah yang LDII miliki untuk membangun sumber daya manusia yang baik,” kata dia

Ia mencontohkan dalam membangun kesalehan umat tentu tidak dapat dilakukan secara sendiri oleh Kemenag sehingga perlu peran masyarakat termasuk ormas LDII Sumbar. Membangun kesalehan ini dilakukan agar masyarakat itu soleh secara pribadi dan kesalehan sosial.

“Kita apresiasi apa yang sudah dilakukan kontribusi nyata bangun masyarakat khususnya di bidang dakwah, pendidikan serta ekonomi syariah,” kata dia.

Ia mengatakan tantangan ke depan akan semakin berat karena memasuki era 4.0 yang serba digital dan mengubah cara berdakwah yang dulunya tradisional dan saat ini sudah melalui media sosial.

“Dulu susah menyuruh anak agar tidak keluar rumah dan zaman sekarang susah menyuruh anak ke luar rumah karena mereka bisa mendapatkan informasi apa saja di dalam rumah. Banyak konten yang merusak aqidah dan ini tentu menjadi pekerjaan kita bersama untuk mencari solusi terbaiknya,” katanya.

Apalagi saat ini pengikut dakwah di surau sudah jauh berkurang sementara dakwah di media sosial juga banyak pengikutnya.

“Kami melihat tanyangan dakwah beda dengan dulu kita mencari ilmu dengan susah dan lama tahannya. Kalau tidak lakukan counterculture yang digemari itu yang ada di konten. Pesan agama ini lebih cepat ditangkap namun di sisi lain ada bahaya yang mengintai sehingga kita harus berhati-hati dan beradaptasi,” kata dia.

Sementara Wakil Ketua DPW LDII Sumbar, Mario Sofia Nasution mengatakan LDII Sumbar memiliki program kerja yakni 8 klaster bidang pembangunan yang mulai dari pengabdian bidang keagamaan, bidang kebangsaan, bidang pendidikan, bidang kesehatan.

Kemudian pembangunan di bidang energi terbarukan, bidang perekonomian, bidang penggunaan teknologi digital dan bidang pangan.

“Ini yang menjadi program kerja kita dan semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat Sumbar. Dalam pelaksanaan LDII memiliki 3 K yakni Karya, Komunikasi dan Kontribusi,” kata dia.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan pembinaan generasi muda terus dilakukan secara berkelanjutan mulai dari usia dini, pra remaja, remaja hingga usia nikah sehingga mampu menghasilkan generasi yang profesional religius.

“Kita berupaya membentuk generasi muda yang faqih, alim dan berakhlakul karimah serta memiliki sifat yang jujur, amanah, hemat, mampu bekerja sama yang baik, rukun dan kompak,” kata dia.

Dirinya berharap dapat bekerjasama dan bersinergi dengan Kanwil Kemenag Sumbar dalam mendorong program pembangunan sumber daya manusia.

“Kita siap bersinergi dan menerima arahan dalam program kerja yang siap kita lakukan untuk kemaslahatan ummat,” kata dia.

Baca Juga: Kapolda Sumbar Sampaikan Pesan Ini ke Pengurus LDII Sumbar

Pengurus LDII Sumbar dalam pertemuan tersebut dihadiri Anggota Dewan Penasehat KH Muhammad Shodiqin, Wakil Ketua Mario Sofia Nasution, Sekretaris HM Abdillah, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga, H Roy Gabro dan Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat H Muchfiandi.

Kakanwil Kemenag Sumbar Helmi didampingi Kabag TU Miswan, Kabid Pendidikan Madrasah Hendri Pani Dias, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ramza Husmen, dan lainnya. [R9/Kpd]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.