Inilah 5 Kota dengan Kepadatan Penduduk Tertinggi di Sumbar

oleh -892 Dilihat
Kota Padang dari ketinggian. [Foto: Tangkapan layar YouTube]

Padang, Kabapedia.com – Dari 19 wilayah otonom di provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terdapat 7 daerah yang berstatus kota. Daerah tersebut ada yang termasuk sebagai kota dengan kepadatan penduduk tertinggi, ada pula kota-kota dengan sebaran penduduk yang sepi.

Kali ini kita akan bahas 5 kota dengan kepadatan penduduk paling tinggi atau teramai di wilayah Sumbar, dilansir Kabapedia.com dari video akun YouTube Netizen Pasbar, Senin (23/1/2023).

Mengacu kepada rumus kepadatan penduduk, yaitu jumlah penduduk dibagi dengan luas wilayah kota. Perlu diingat data yang ditampilkan sedikit berbeda dengan BPS yang menampilkan luas wilayah keseluruhan, termasuk hutan lindung dan suaka alam.

Dalam ulasan kali ini kita hanya akan menampilkan luas wilayah di luar hutan lindung dan suaka alam, karena ada sebagian kota di Sumbar yang memiliki wilayah hutan lindung dan suaka alam yang begitu luas.

Inilah 5 kotamadya paling ramai penduduk di Sumbar:

5. Kota Solok

Balai Kota Solok. [Foto: Dok. wikipedia]
Kota yang berada di antara kota Padang dan Sawahlunto ini masuk sebagai kota paling ramai nomor 5 di Sumbar. Berdasarkan data BPS Kota Solok terbaru ada sebanyak 74.469 jiwa mendiami kota ini, atau naik 1,7% dari tahun sebelumnya dan merupakan kota dengan pertumbuhan penduduk paling tinggi nomor 2 di Sumbar.

Tahukah kamu, hingga saat ini Kota Solok hanya memiliki dua kecamatan. Meskipun dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia, tentang tata cara pembentukan penghapusan dan penggabungan daerah, syarat pembentukan kota baru harus memiliki minimal 4 kecamatan.

Total luas wilayah Kota Solok ialah 57,64 km², terkecil ketiga di Sumbar. Namun luas wilayah yang digunakan untuk kawasan budidaya dan permukiman di kota ini hanya 25,85 km² saja, hampir setara dengan luas wilayah Kota Bukittinggi.

Dengan luas wilayah pemukiman dan budidaya tersebut kepadatan penduduk Kota Solok ialah 2.880 jiwa per km² nya, dan dari dua kecamatan yang ada, Kecamatan Lubuk Sikarah merupakan kecamatan paling banyak penduduk di kota ini, yaitu sebanyak 41.327 jiwa penduduk.

Sedangkan Kecamatan Tanjung Harapan menjadi kecamatan paling padat atau ramai penduduk di Kota Solok, yaitu mencapai 1.464 jiwa per km². Kalau kamu tinggal di kecamatan mana?

No More Posts Available.

No more pages to load.