Gubernur Mahyeldi Salurkan 75,8 Ton Beras untuk Korban Banjir Padang Pariaman

oleh -429 Dilihat
Bantuan beras sebanyak 75,8 ton beras untuk korban banjir di Kabupaten Padang Pariaman. [Foto: Dok. Pemprov Sumbar]

Padang Pariaman, Kabapedia.com – Masyarakat terdampak bencana banjir di 6 Kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan bantuan beras sebanyak 75,8 ton beras Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Sebanyak 75.785 kilogram beras cadangan pangan kita salurkan untuk masyarakat terdampak banjir. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kebutuhan pangan masyarakat,” ucap Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat menyerahkan bantuan di Surau Gadang Syekh Burhanuddin, Nagari Sandi Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kamis (16/2/2023).

Gubernur menuturkan, bantuan CPPD tersebut diserahkan ke penerima manfaat sesuai data yang sudah disiapkan sebelumnya untuk masyarakat di 6 Kecamatan yang terdampak, dengan rincian peruntukan antara lain, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, sebanyak 6.314 kg untuk 358 KK, Lubuk Alung, 1.962 kg untuk 82 KK, Nan Sabaris 4019 kg untuk 243 KK, 2 x 11 Kayu Tanam 860 kg untuk 50 KK, 2 x 11 Anam Lingkung 4.725 kg untuk 226 KK dan Ulakan Tapakis sebanyak 57.906 kg untuk 4.842 KK.

“Saya tidak mau, ada masyarakat yang susah dan kelaparan, ini yang kita antisipasi melalui CPPD,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sesuai amanat dari Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan, CPPD adalah salah satu bentuk kehadiran pemerintah dalam persoalan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat dalam kondisi tidak normal atau rawan pangan seperti kekurangan pangan, bencana alam, bencana sosial, gejolak harga pangan dan keadaan darurat.

Penyerahan bantuan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Sumbar, Effendi, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Sumbar, Yozarwardi, Sekretaris Daerah Kab. Padang Pariaman.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kab. Padang Pariaman, Rudy Repenaldi menyampaikan, terima kasih kepada Pemerintah Provinsi yang sangat peduli dengan kondisi masyarakat Padang Pariaman.

Baca Juga: Perhutanan Sosial Sumbar Ternyata Punya Potensi Ekonomi Besar! Berikut Ulasannya

“Kita ucapkan terima kasih pada pemerintah provinsi atas kepeduliannya, semoga dapat meringankan beban dan bermanfaat bagi warga yang menerima,” ucap Rudy.

Rudy berharap bantuan ini dapat mengurangi beban ekonomi kepala keluarga yang terdampak banjir. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak banjir beberapa waktu yang lalu. [isr]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.