Dibandrol Fantastis Capai Rp5,8 Miliar!!! Inilah 5 Sasis Bus Termahal di Indonesia

oleh -404 Dilihat
Salah satu sasis bus Scania K320. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ical Traveller]

Jakarta, Kabapedia.com – Perkembangan moda transportasi bus di tanah air, terlihat semakin pesat dalam beberapa waktu terakhir. Tren positif ini seiring dengan perkembangan infrastruktur jalan yang juga semakin baik.

Permintaan pasar penumpang akan bus dengan tingkat kenyamanan yang cukup tinggi, secara otomatis juga semakin meningkat. Tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat kenyamanan bus akan berbanding lurus dengan harga yang harus dikeluarkan, mulai dari sasis bus yang digunakan, hingga interior yang disematkan pada bagian dalam bus.

Perkembangan sasis bus sendiri, saat ini memang menawarkan tingkat keamanan dan tingkat kenyamanan yang sudah cukup tinggi. Keamanan dan kenyamanan ini tentu saja harus dibayar dengan cukup mahal oleh para pengusaha perusahaan otobus (PO).

Dari banyaknya sasis bus yang beredar di Indonesia, sasis bisa apakah yang menyandang predikat sebagai sasis bus dengan harga? Menjawab pertanyaan ini, silahkan simak tulisan ini hingga habis.

Biasanya sasis bus premium keluaran pabrikan asal Eropa memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Ada beberapa sasis premium dengan 3 sumber roda alias bus tronton yang beredar di Indonesia, yaitu Scania K320, Scania K410iB, Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dan Volvo B11R. Selain itu, ada satu pabrikan Eropa lain yaitu Maschinenfabrik Augsburg-Nürnberg (MAN) yang sudah mengaspal di Indonesia, namun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Mungkin banyak para busmania bertanya, sebenarnya dari sasis bus yang beredar di Indonesia, sasis bus manakah yang memiliki harga termahal? Nah mari kita bahas satu persatu.

5. Sasis bus tronton Scania K410iB

PO Agra Mas, salah satu PO dengan sasis Scania K410iB. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ical Traveller]
Sasis bus tronton Scania K410iB memiliki kekuatan 410 tenaga kuda. Mesinnya berkapasitas 13.000 cc dengan 6 silinder dan standar emisi gas buang euro 3, yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Sasis Scania K410iB dibanderol seharga Rp1,8 miliar rupiah.

4. Sasis bus tronton Volvo B11R

Salah satu Sasis bus tronton Volvo B11R. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ical Traveller]
Sasis bus tronton Volvo B11R memiliki mesin dengan kapasitas 11 liter, atau lebih tepatnya 10.837 cc dan bisa menghasilkan tenaga sampai 430 tenaga kuda. Harga sasis Volvo B11R sama dengan harga sasis Scania K410iB yang di bandrol dengan harga Rp1,8 miliar.

3. Mercedes Benz OC 500 RF 2542

Salah satu bus yang menghubungkan sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ical Traveller]
Sasi tronton Mercedes Benz OC 500 RF 2542 memiliki mesin dengan kapasitas 12.000 cc, dengan 6 silinder dan standar emisi gas buang euro 3 yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Harga sasis OC 500 RF 2542 dibandrol seharga Rp1,9 miliar.

2. Maschinenfabrik Augsburg Nürnberg

Salah satu bus yang menggunakan sasis MAN R37. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ical Traveller]
Nah sasis bus premium yang paling mahal nomor dua dipegang oleh perusahaan Maschinenfabrik Augsburg Nürnberg atau MAN, yang merupakan sasis bus tronton dari pabrikan asal Jerman.

Memang saat ini sasis bus MAN memang belum terlalu banyak digunakan di Indonesia.
PO di Nusantara memiliki dua bus dengan sasis MAN pada armada busnya. Sasis MAN dengan kode R37 merupakan sasis di triple XL atau tronton termahal saat ini yang dibanderol seharga Rp2 miliar.

1. Scania K320

Salah satu sasis bus Scania K320. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ical Traveller]
Namun ternyata masih ada satu sasis bus yang memiliki harga tergolong sangat mahal dan sudah cukup banyak digunakan di Indonesia. Harga resmi dari sasis bus termahal ini adalah Rp5,8 miliar atau setara dengan harga 3 sasis bus premium tripel XL.

Saat ini sudah ada lebih dari 50 armada bus yang kini mengaspal di atas jalanan Indonesia dengan menggunakan sasis yang memegang predikat sebagai sasis termahal di Indonesia ini.

Baca Juga: Sang Sultan Pengguna Pertama!! Sasis Bus Premium Eropa Volvo B11R Terapkan Standar Emisi Euro 5

Adalah sasis bus buatan pabrikan asal swedia Scania, yang merupakan sasis gandeng dengan tipe K320 milik Mayasari Bakti, yang menyandang predikat sebagai sasis termahal di Indonesia. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.