Desak Anies: Anies Janji Bangun Stadion Berstandar FIFA untuk Sumbar, Rumputnya nggak Usah…

oleh -1501 Dilihat
Anies dalam acara Desak Anies di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Rabu (3/1/2024). [Foto: Dok. Ist]

Batusangkar, Kabapedia.com – Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan berjanji akan membangun stadion berstandar FIFA untuk masyarakat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Mega proyek yang ditaksir bernilai triliunan Rupiah tersebut bakal direalisasikan jika dirinya bersama Muhaimin Iskandar terpilih sebagai Presiden di Pilpres 2024.

Janji itu disampaikan Anies dalam acara Desak Anies di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Rabu (3/1/2024). Diketahui, Desak Anies merupakan program diskusi terobosan baru dalam berdemokrasi di Indonesia. Selain dihadiri langsung masyarakat, diskusi ini juga disiarkan di media sosial TikTok resmi Anies Baswedan.

Saat Desak Anies edisi Sumbar di Lapangan Cindua Mato, Anies awalnya bertanya kepada para hadirin di lokasi terkait kebutuhan memiliki stadion berstandar FIFA di Sumbar.

“Kami ini di Jakarta sudah bikin stadion, kira-kira bermanfaat tidak kalau di sini ada stadion baru?” tanya Anies kepada masyarakat yang hadir.

Mantan Rektor Universitas Paramadina dan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian melanjutkan, ia berjanji akan membangun stadion berstandar FIFA di Sumbar atau tepatnya bakal merenovasi Stadion GOR Haji Agus Salim (GHAS) yang terletak di Kota Padang.

Tak mesti membangun dari awal, Anies mengatakan bahwa stadion berstandar FIFA juga bisa dilakukan dengan melakukan revitalisasi stadion yang sudah ada, seperti merenovasi Stadion GOR Haji Agus Salim.

“Nah kita ingin bangun stadion berstandar FIFA di Sumatra Barat, kita bisa revitalisasi Stadion Agus Salim misalnya. Supaya Stadion Agus Salim berstandar FIFA, dan rumputnya nggak usah diramai-ramaiin nanti,” beber Anies seperti memancing nyiyiran nitizen yang kerap mempermasalahkan rumpus Stadion Jakarta International Stadium (JIS).

Perjuangan Manajer PSP Padang Irwan Afriadi

Perjuangan politisi muda Provinsi Sumbar yang juga manajer tim PSP Padang, Irwan Afriadi mengusulkan renovasi Stadion GOR Haji Agus Salim (GHAS) kepada capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan akhirnya berbuah manis.

Anies menyetujui masuknya Stadion GHAS ke dalam program kerjanya daftar 10 stadion berstandar FIFA yang bakal dibangun, jika terpilih sebagai Presiden RI dalam pemilu 2024.

“GOR Haji Agus Salim masuk daftar 10 stadion berstandar FIFA. Alhamdulillah itu sudah disetujui pak Anies,” ungkap Irwan Afriadi kepada Kabapedia.com, di sela-sela kegiatannya mendampingi kunjungan Anies di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Rabu (3/1/2024) siang.

Diketahui, Stadion GHAS kondisi saat ini memang sudah uzur dan sangat butuh perbaikan. Stadion ini dibangun pada tahun 1983 sebagai persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-13, dengan kata lain sudah berusia hampir setengah abad atau tepatnya 41 tahun.

“Kami sudah usulkan dan beliau menyetujui. Syaratnya tentu pasangan AMIN harus menang dan menjadi Presiden RI 2024-2029,” jelas Ketua Bappilu Partai NasDem Sumbar menyakinkan masyarakat agar memilih Anies jika memang ingin renovasi GOR Haji Agus Salim diwujudkan.

Menurut Irwan Afriadi, Stadion Haji Agus Salim ini memiliki nilai historis yang panjang dan tentu harus dirawat dengan baik dan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sejarah sepakbola di Provinsi Sumbar.
“Saya pastikan Stadion Haji Agus Salim Padang masuk dalam 10 stadion yang menjadi program jika yang dijanjikan jika terpilih nantinya,” tegas dia kembali menyakinkan.

Baca juga:

Diketahui, GOR Haji Agus Salim awalnya dirancang untuk 15.000-20.000 penonton. Namun sampai saat ini, stadion yang menjadi kandang tim sepak bola Semen Padang ini hanya memiliki kapasitas 10.000 tempat duduk, dan memiliki tribun tertutup di sektor barat. Meskipun kondisinya jauh dari kata sempurna, namun GOR Haji Agus Salim selalu sesak penuh penonton saat digelar laga kandang Semen Padang di kompetisi Liga 2 musim 2023/2024. Bahkan beberapa laga tercatat menempati daftar jumlah penonton terbanyak kedua di Liga 2, mencapai 15 ribu penonton. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.