Dear Pemda, Ini Arahan Prioritas Program PUPR Tahun 2024

oleh -221 Dilihat
Pembukaan Konsultasi Regional Kementerian PUPR Tahun 2023 oleh Menteri Basuki. [Foto: Dok. pu.go.id]

Jakarta, Kabapedia.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Konsultasi Regional (Konreg) Tahun 2023. Konreg diharapkan mengkoordinasikan dan menyinkronkan program bidang PUPR tahun 2024 bersama pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan kembali arahan Presiden Joko Widodo, untuk menuntaskan pekerjaan konstruksi selambat-lambatnya pada semester 1 tahun 2024.

“Artinya program kita tahun 2024 adalah lanjutan dari multi years contract yang sudah dimulai tahun ini dan tahun sebelumnya,” kata Menteri Basuki pada Pembukaan Konsultasi Regional Kementerian PUPR Tahun 2023 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (13/2/2022).

Dilansir Kabapedia.com dari laman pu.go.id, Rabu (15/2/2023), Menteri Basuki juga menginstruksikan agar Inpres Pembangunan Jalan Daerah untuk menangani pemeliharaan atau peningkatan jalan-jalan daerah di luar jalan nasional dapat mulai diprogramkan pada tahun ini agar bisa mulai dilaksanakan pada tahun 2024.

Dia juga mengajak pemerintah daerah khususnya Bappeda dan Dinas PUPR untuk bersama-sama menyusun programnya dengan baik dan benar.

“Kami ingin mengajak pemerintah daerah memprogramkan ini agar benar-benar bisa melayani kawasan industri, kawasan pariwisata, dan kawasan produksi baik persawahan, perkebunan, transmigrasi,” ujarnya.

Terakhir, Menteri Basuki meminta baik kepada Kementerian PUPR maupun pemerintah daerah untuk memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai arahan Presiden.

“Artinya dari mulai perencanaan sudah mulai didesain untuk produk dalam negeri. Saya ingin kita tetap konsisten untuk meningkatkan pembelian produk dalam negeri. Arahannya bukan memprioritaskan produk dalam negeri, tapi dilarang impor,” katanya.

Baca Juga: Bangun SPAM di Sumbar, PUPR Penuhi Kebutuhan Air Minum 10.000 Sambungan Rumah

Acara ini diikuti secara virtual oleh para perwakilan Pemerintah Provinsi, yaitu para Sekretaris Daerah, para Kepala Bappeda, dan para Kepala Dinas Bidang PUPR. Turut hadir secara fisik para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian PUPR. [*/isr]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.