Catat!! Daftar 17 Tim yang Minta Liga 2 Tidak Dilanjutkan

oleh -322 Dilihat
Daftar 17 tim yang minta Liga 2 tidak dilanjutkan. [Foto: Dok. PT. LIB]

Padang, Kabapedia.com – Kompetisi Liga 2 2022/2023 resmi tidak dilanjutkan alias oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), usai dihentikan akibat insiden kerusuhan yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan Malang usai laga Arema menjamu Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022.

PSSI beralasan penghentian kompetisi ini sesuai dengan permintaan yang disampaikan sejumlah penanggung jawab tim Liga 2 yang melakukan rapat di Hotel Sultan Jakarta pada Rabu 14 Desember 2022.

Dalam rapat tersebut lahir kesepakatan dan pernyataan bersama usai mendengar sambutan Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan.

Kesepakatan pertama adalah penanggung jawab klub Liga 2 tersebut memahami kesulitan PSSI dalam mengelola kompetisi sejak saat pandemi Covid-19 sampai dengan pasca Tragedi Kanjuruhan.

“Kami memberikan apresiasi tinggi kepada PSSI karena di dalam masa kesulitan tinggi itu masih bisa menyelenggarakan kompetisi dan performa Timnas yang meningkat dengan bukti naiknya ranking FIFA,” kata mereka.

Poin kedua, sehubungan dengan poin 1 di atas, mengingat kondisi finansial klub dan harus dari awal lagi membangun tim, maka kami mengusulkan kepada PSSI agar Kompetisi Liga 2 dihentikan total dan dimulai lagi kompetisi Liga 2 di musim baru 2023/2024.

Ketiga seluruh klub menginginkan kompetisi Liga 2 dikelola oleh operator sendiri atau terpisah dari operator Liga 1. Saat ini kompetisi Liga 2 dijalankan oleh PT LIB yang sahamnya dimiliki oleh 18 klub Liga 1.

“Klub Liga 2 bukan pemegang saham PT LIB sehingga dalam mengelolanya terasa sebagai prioritas kedua,” ujarnya.

Keempat memberikan kepercayaan penuh kepada Bapak Komjen Pol (Purn.) DR. Drs. Mochamad Iriawan, SH., MM.,MH. sebagai Ketua Umum PSSI untuk tetap fokus terhadap pembangunan dan pengelolaan Timnas dengan target Juara Piala AFF dan sukses tuan rumah Piala Dunia U-20.

Demikian pernyataan bersama klub Liga 2 2022/2023 ini untuk menjadi bahan rujukan PSSI, PT LIB, dan stakeholder sepakbola nasional.

Adapun klub yang menandatangani pernyataan tersebut adalah Deltras Sidoarjo, Gresik United FC, Kalteng Putra FC, Karo United FC, Persekat Tegal Persela Lamongan, Perserang Serang.

Kemudian Persikab Kabupaten Bandung, Persipa Pati, PSDS Deli Serdang, PSKC Cimahi, Putra Delta Sidoarjo, Sriwijaya FC, PSPS Riau. Kemudian PSCS, Persipal, PSBS Biak, Persiraja dan Persiba.

Baca Juga: Liga 2 Resmi Dihentikan, CEO Semen Padang FC Kecewa dan Desak Kompensasi

Sementara PSMS Medan dan Semen Padang FC yang merupakan tim Liga 2022 tidak ikut dalam pernyataan tersebut. [R9/Kpd]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.