BPKH Salurkan Bantuan Tahap 2 untuk Korban Banjir Bandang di Tanah Datar

oleh -112 Dilihat
Pimpinan Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander (dari kiri) menyerahkan bantuan untuk korban banjir bandang dan lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumbar, di Gedung Indojolito Batusangkar, Rabu (22/5/2024). [Foto: Dok. Ist]

Tanah Datar, Kabapedia.com – Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) kembali menyerahkan bantuan program kemaslahatan tahun 2024, untuk korban banjir bandang dan lahar dingin yang melanda beberapa nagari di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Bantuan bencana alam tahap dua tersebut diserahkan langsung kepada Bupati Tanah Datar, Eka Putra oleh Pimpinan Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander di Gedung Indojolito Batusangkar, Rabu (22/5/2024).

Baca juga:

Harry mengatakan, bantuan korban bencana alam tersebut merupakan gelombang kedua yang disalurkan BPKH dengan jumlah bantuan barang sebesar Rp717 juta untuk seluruh Sumatera Barat.

“Penyaluran bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan lahar dingin di Sumatera Barat ini adalah tahap kedua, dengan total barang Rp717 juta, dengan rincian Rp350 juta untuk Tanah Datar,” kata dia.

Dia menjelaskan, BPKH juga menyalurkan bantuan di beberapa sektor lainnya seperti bantuan sembako, peralatan rumah tangga, bantuan pendidikan, dan bantuan rumah ibadah.

Untuk bantuan sembako kata dia, meliputi beras, minyak goreng, makanan siap saji termasuk daging korban yang dibuat BPKH bekerjasama dengan Rumah Zakat.

Untuk peralatan rumah tangga meliputi alat alat masak, kompor, panci. Untuk sektor pendidikan ada tas dan seragam sekolah, dan karpet untuk rumah ibadah.

“Harapan kita agar warga terus beribadah dan semoga bantuan ini bisa meringankan beban korban, dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi bencana alam ini,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKH yang telah membantu korban banjir bandang bandang di Tanah Datar.

Bupati menyebut, bantuan itu akan segera didistribusikan kepada enam kecamatan yang terdampak banjir bandang dan lahar dingin Gunung Marapi.

“Terimakasih kami ucapkan kepada BPKH, bantuan ini segera kita distribusikan. Semoga kedepannya BPKH selalu eksis dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Baca juga:

Data dari posko utama tanggap darurat bencana banjir bandang Tanah Datar, hingga hari ke 12 pasca banjir bandang 10 orang korban masih dinyatakan hilang. Adapun jumlah korban meninggal dunia mencapai 32 orang, dan merusak 412 hektare lahan persawahan. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News dan berita lainnya Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.