Berapa Anggaran PSU DPD di Sumbar, KPU Sumbar Bilang Begini

oleh -331 Dilihat
Kantor KPU Sumbar. [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) tengah menyiapkan pesta demokrasi lanjutan, yakni penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Sumbar.

Jika tak ada aral melintang, PSU DPD bakal digelar di 19 kabupaten/kota di Sumbar pada 13 Juli 2024 mendatang. Lantas berapa besaran kebutuhan anggaran PSU DPD di Sumbar? Berikut penjelasan dari pihak KPU Sumbar.

Baca juga:

“Anggaran sudah disiapkan oleh KPU RI, kita belum menghitung anggarannya, karena terkait dengan logistik dan SDM dan kebutuhan lainnya,” beber Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen, usai rapat pleno penetapan perolehan kursi dan 65 calon anggota DPRD Sumbar terpilih pada Pemilu serentak 2024, di Basko Hotel, di Padang, Jumat (14/6/2024).

Saat didesak awak media kisaran kebutuhan anggaran PSU DPD, Surya Efitrimen terkesan menghindar dan berdalih kalau jumlahnya bakal diputuskan KPU RI.

“Kita belum menghitung totalnya, karena itu berkaitan dengan logistik, kemudian distribusi. Kebutuhan (anggaran (PSU) RI (KPU RI) yang hitung,” jelas Surya Efitrimen.

Memang kata dia, terkait dengan jumlah anggaran PSU, KPU Sumbar bertugas menyampaikan data-data, mulai dari jumlah TPS, PPK, KPPS, kemudian berapa jumlah surat suara yang akan dicetak, termasuk juga biaya sosialisasi dan bimbingan teknis.

“Selain itu ada kegiatan yang akan kita lakukan yang anggaranya juga ditentukan oleh KPU RI,” jelasnya

Terkait teknis pelaksanaan, sebelumnya KPU sudah menyusun draf pelaksanaan yakni pada tanggal 13 Juli tahun ini. Namun begitu, untuk tanggal pasti PSU, KPU Sumbar tetap menunggu keputusan dari KPU RI.

“KPPS yang bertugas pada pemilu 2024 lalu, ini selama memenuhi syarat, jika tidak maka akan dilakukan perekrutan,” tutup Ketua KPU.

Sebagai perbandingan, untuk anggaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 19 kabupaten/kota di Sumbar anggarannya mencapai ratusan miliar rupiah. Data terbaru Pemprov Sumbar telah menyepakati anggaran untuk Pilkada 2024 sebesar Rp143,9 miliar yang bakal digelar bulan September mendatang.

Baca juga:

Jika dikaitkan dengan PSU DPD, tentunya fasilitas dan anggaran logistik hingga SDM tidak bakal jauh berbeda, mengingat PSU DPD juga bakal digelar di 19 daerah di Sumbar dan menggunakan satu surat suara seperti halnya Pilkada Gubernur. [isr]

 

Ikuti Google News dan berita Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.