Festival Pesona Mentawai 2023, Etalase Bumi Sikerei

oleh -572 Dilihat
Festival Pesona Mentawai 2023 dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy. Festival tahunan ini dimulai dari tanggal 4-7 Oktober 2023 yang berlokasi Pantai Mapadegat. [Foto: Dok. Ist]

Tuapejat, Kabapedia.com – Festival Pesona Mentawai 2023 telah dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy. Festival tahunan ini dimulai dari tanggal 4-7 Oktober 2023 yang berlokasi Pantai Mapadegat.

Penyelenggaraan FPM 2023 ini menjadi ajang pendongkrak minat wisatawan nasional dan internasional dalam mengekspos Bumi Sikerei. Kekayaan Mentawai yang tidak hanya pantai, tapi banyak potensi lainnya.

“Namun, saat ini memang belum banyak diketahui masyarakat luas. Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang Mentawai, cukup hadir saja dalam acara FPM. Semua tersaji disini secara lengkap dan utuh, ini adalah etalase bumi sikerei,” ucap Wagub saat pembukaan FPM.

Dalam acara itu, yang ditampilkan tidak hanya seni dan budaya lokal semata, tapi juga menyajikan sisi lainnya seperti, kuliner, nilai-nilai tradisi, dan sejarah serta peluang investasi.

Sebelumnya memang pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor menurunnya minat wisatawan dan event event yang harusnya terlaksana. Maka dari itu pasca Covid-19, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten mendorong untuk menggencarkan promosi daerah secara masif sebagai salah satu solusinya.

Wagub juga menegaskan Mentawai tidak hanya dikenal akan keindahan pantainya tetapi ada budaya dan seni yang bisa dikembangkan.

“Mentawai itu tidak hanya pantai, tapi juga ada budaya dan seni tradisi yang otentik. Namun banyak yang tidak mengetahuinya. Itulah tugas kita saat ini, bagaimana itu bisa diketahui masyarakat luas, tujuannya agar setelah itu mereka menjadi tertarik untuk datang,” lanjut Audy.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak mengatakan penyelenggaraan FPM bertujuan untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Mentawai ke-24.

Acara yang berlangsung selama empat hari itu, melibatkan ratusan pelaku UMKM lokal, Adapun untuk pembiayaan acara, Fernando menyebut pihaknya dibantu oleh Pemprov Sumbar melalui Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar sebesar Rp500 juta.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk Kabupaten Kepualauan Mentawai. Semoga upaya kita bersama ini, dapat mempercepat daerah ini menjadi lebih sejahtera, lebih mandiri dan lebih mendunia,” ucap Pj. Bupati.

Baca juga: Mentawai Surganya Wisata Bahari Sumbar yang punya Garis Pantai Terpanjang, Ini Destinasi Lengkapnya

Pada FPM 2023 juga turut dihadiri Walikota Bukittinggi Erman Safar, Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Sumbar Haris Sukamto, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Provinsi Sumbar Erinaldi, Ketua Perhimpunan dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar Rina Pangeran, dan Kepala OPD Pemprov dan Pemkab. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.