Survei Capres Terbaru LSI Prabowo Juara, Sumatra dan Jabar jadi Basis

oleh -341 Dilihat
Menhan Prabowo Subianto menyapa massa dari sunroof mobil di Bandara Internasional Minangkabau. [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Jakarta, Kabapedia.com – Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis hasil jajak pendapat atau survei terbaru mengenai pilihan politik masyarakat di Indonesia. Salah satu isu yang turut disurvei adalah tentan calon presiden (Capres) pilihan masyarakat.

LSI melakukan survei pada 18-20 September 2023 dengan teknik random digit dialing (RDD). Sampel sebanyak 1206 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Terkait calon presiden 2024 pilihan responden LSI hasilnya adalah pada simulasi 3 nama, Prabowo Subianto paling banyak dipilih 34%. Kemudian Ganjar Pranowo 30.4%, dan Anies Baswedan 22%. Sementara sekitar 13.6% responden belum menunjukkan pilihannya.

Selain itu, survei juga menunjukkan secara spontan Ganjar Pranowo paling banyak dipilih 25.5%. Kemudian Prabowo Subianto 23.3%, Anies Baswedan 13.2%. Sedangkan nama lain lebih rendah, belum menentukan pilihan 30.8%.

Kembali ke Capres paling banyak dipilih yakni Prabowo, dia unggul di kelompok pemilih laki-laki, usia kurang dari 40 tahun, kalangan Sunda, Batak, Minang, dan Melayu, muslim, pendidikan menengah, buruh kasar, bengkel, satpam, sopir/ojek, PKL, pelajar, berpendapatan 1- 2 juta.

Sementara Ganjar unggul di kelompok usia lebih dari 40 tahun, etnis Jawa, Madura, non muslim, pendidikan tinggi, kalangan petani, penghasilan lebih dari 4 juta. Anies unggul di kalangan ibu rumah tangga.

Menurut wilayah Prabowo unggul di wilayah Sumatera, Jawa Barat, Bali Nusa, dan Kalimantan, kemudian Ganjar unggul di DKI, Jateng DIY, Jatim, dan Maluku Papua, sementara Anies unggul di Sulawesi. Di Banten Ganjar dan Prabowo berimbang.

LSI mengungkapkan, metodologi target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas, atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Baca juga: Survei Politik LSI Terbaru, Parpol dan Capres Ini Pemenangnya

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1206 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.