Mantan Manajer Sarankan Semen Padang Berburu Pemain Asing di Cibubur

oleh -642 Dilihat
Pemain Semen Padang Football Club (SPFC) saat menjalankan sesi latihan di Indarung. [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com- Mantan manajer Semen Padang FC Heryandi Djahir menyarankan manajemen tim Kabau Sirah berburu pemain asing di kawasan Cibubur DKI Jakarta yang dikenal menjadi lokasi trial pemain yang dimiliki agensi pemain asing di Indonesia.

Dirinya bercerita pengalaman dalam merekrut pemain asing jelang kompetisi bergulir. Sebulan jelang kompetisi bergulir merupakan fase mematangkan taktik individual dan tim. Banyak porsi latihan pola yang akan disantap pemain dan diakhiri dengan uji coba.

Manajemen tim Semen Padang FC kala itu merancang training sekaligus mencari pemain asing di posisi yang kurang saat itu. Pilihan tempat training adalah Cibubur, suatu tempat yang komplit memiliki fasilitas lapangan dan berada di pinggiran Jakarta.

“Tim diboyong utk berlatih disana dan hampir seluruh agensi pemain menertap di Jakarta. Kontak komunikasi pun mudah dilakukan untuk mengundang pemain asing yang minat trial bersama tim di lokasi,” kata dia.

Menurut dia banyak agensi yang mengirimkan perorangan dan kelompok, malah ada moment dimana dua atau tiga agensi khusus pemain Africa yg bermarkas di Tangerang mengundang jajaran pelatih dan manajemen melihat laga sesama mereka.

“Kita bebas menilai atau bila menginginkan bisa request untuk diboyong ke Cibubur melanjutkan trial,” kata dia.

Selain itu ada juga perorangan satu atau dua pemain yang datang sendiri trial di Cibubur. Mereka akan mengajak agency yg established bila deal dikontrak. Ada juga ada moment agency khusus pemain Amerika Latin yg dikumpulkan untuk dilihat oleh beberapa pelatih dr tim lain yang sama mencari pemain.

“Kita bersama melihat. Mereka bersama menyewa lapangan seperti diKuningan atau lap PTIK dan Lapangan Bea Cukai Jakarta Timur,” kata dia.

Selain itu pengalaman menarik saat di PSP Padang, dirinya sendiri bergerak diam-diam ke Jakarta menghubungi dan mancari pemain yang diinginkan, malah secara nakal “menculik” pemain itu diboyong ke Padang karena sudah yakin dengan kemampuan pemain itu.

“Atau aktif kontak ke Brasil langsung tanpa gembar gembor saat mendapatkan “Claudio Luzardi” dan “Antonio Claudio Toyo”. Didatangkan pun secara senyap, setelah didaftarkan. Datang langsung bertanding di Aceh waktu itu. Karena kita sudah tau kualitasnya,” tukasnya.

Baca juga : Semen Padang Kontrak 30 Pemain Hadapi Liga 2

Ia mengenangk Semen Padang mendapatkan seorang Edward Wilson Jr di Lapangan Cibubur yang kala itu tidak memiliki agen. Selain itu PSP Padang juga menemukan Gaston Robert dan Linford Herve pemain divisi 2 liga Perancis asal Gabon yang gacor.

Baca juga : Semen Padang Kontrak Pemain Asing Tanpa Trial

“Selain “Toyo dan Luzar”, Kita semua tau bagaimana hasil nya krn mmg mereka pemain berkualitas,” papar pensiunan pejabat teras di  PT Semen Padang ini

Menurut dia begitu banyak moment untuk memuaskan pilihann dan tidak pernah menerima pemain yang hanya bermodalkan cerita seseorang.

Baca juga : Semen Padang FC Datangkan Pemain Timnas U-17 Korea Selatan

“Itulah contoh kecil. Saat emas masih segantang bareh atau dollar masih 2 rb.Saat ini jaman begitu canggih, ada youtube, ada rekaman jejak pemain, internet dan segala macam fasilitas utk menilai, seharusnya lbh simple mudah cepat dan tepat menjatuhkan pilihannya,” katanya. [Kpd/R9]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.