Profil Desmond Junaidi Mahesa, Politisi Gerindra yang Berpulang Hari Ini

oleh -364 Dilihat
Desmond Junaidi Mahesa saat memimpin sidang di DPR RI. [Foto: Dok. DPR RI]

Jakarta, Kabapedia.com – Berikut ini adalah profil Desmond Junaidi Mahesa atau Desmond J Mahesa. Dia adalah seorang politikus yang cukup ternama di Indonesia yang meninggal dunia pada hari ini, Sabtu 24 Juni 2023 di usia ke-57 karena sakit.

Desmond J Mahesa lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 12 Desember 1965 dari keluarga petani dan pedagang di Kota Banjarmasin. Setelah lulus dari SMAN 7 Banjarmasin pada 1983, Desmond melanjutkan studi di bidang hukum di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada 1986, dan berhasil lulus pada tahun 1994.

Sebelum menjadi politisi, Desmond tercatat sebagai aktivis 1998 dan pernah menjadi korban penculikan para aktivis pada era Orde Baru. Ia juga pernah bekerja di lembaga bantuan hukum dan dikenal sebagai salah satu pendiri Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA).

Sebagai politisi, Desmond menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten. Ia berhasil duduk di kursi DPR setelah memenangkan suara mayoritas di daerah pemilihan (dapil) Banten II pada 2019.

Desmond J Mahesa meninggal dunia pada pagi hari tanggal 24 Juni 2023 di usia ke-57 karena sakit. Jenazahnya akan disemayamkan di rumah duka di Jl. Saco 1 No.1, RT.1/RW.4, Ragunan, Jakarta Selatan dan rencananya akan dimakamkan di Al-Azhar Memorial Garden, Karawang.

Desmond J Mahesa memiliki banyak prestasi dalam hidupnya. Sebagai aktivis, ia dikenal sebagai salah satu pendiri KPA, yang telah berdiri sejak ia lulus S1 hingga saat ini. Sebagai politisi, Desmond menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten.

Selain itu, Desmond juga pernah menjabat sebagai direktur di Treads Associate Law Office pada 2000 – 2004 sembari melanjutkan studi S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM, Jakarta.

Selama di Senayan, ia juga telah menerbitkan 3 buku yaitu: Presiden Offside, Kita Diam atau Memakzulkan (Mei 2012), Menggugat Logika APBN: Politik Anggaran Partai Gerindra (ditulis bersama Fary Djemy Francis, Juli 2012), dan DPR Offside: Otokritik Parlemen Indonesia (2013).

Baca juga: Rekam Jejak Karir Politik Anies Rasyid Baswedan, Produk Konvensi Demokrat hingga Jubir Koalisi Jokowi – JK

Desmond J Mahesa telah memberikan banyak kontribusi untuk Indonesia. Sebagai aktivis, ia dikenal sebagai salah satu pendiri KPA yang masih eksis hingga saat ini. KPA sendiri adalah organisasi non-pemerintah tingkat nasional yang berfokus pada isu-isu agraria dan reformasi agraria di Indonesia. [isr]

 

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.