Profil Jalan Wisata Mandeh, Jalan Terindah Sumbar Menyuguhkan “Raja Ampat Sumatera”

oleh -617 Dilihat
Potret jalan Wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Jalan ini termasuk jalan terindah di Provinsi Sumbar. [Foto: Ist]

Padang, Kabapedia.com – Berikut profil Jalan Wisata Mandeh. Jalan ikonik ini termasuk kedalam salah satu jalan terindah di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Jalan ini sangat pantas dinobatkan menjadi salah satu jalan terindah di Sumbar. Jika melintasi jalan ini kamu bakal disuguhkan keindahan hamparan Samudera Hindia yang cantik di tepian Pulau Sumatra.

Jalan Wisata Mandeh adalah salah satu destinasi wisata bahari yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumbar.

Jalan ini menghubungkan beberapa objek wisata seperti pulau, teluk, pantai, hutan mangrove, dan air terjun yang memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Jalan Wisata Mandeh juga disebut sebagai “Raja Ampat” Sumatra, karena kemiripan panorama dan biota lautnya dengan kawasan wisata di Papua.

Sejarah Jalan Wisata Mandeh dimulai sejak tahun 2016, ketika Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pulau Mandeh dan menyaksikan pesona alamnya.

Sejak saat itu, kawasan wisata Mandeh mulai dikenal oleh masyarakat luas dan mendapat perhatian dari pemerintah.

Pada tahun 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan pembangunan jalan akses Wisata Mandeh sepanjang 41,08 km yang menghubungkan Teluk Kabung – Sungai Pisang – Sungai Nyalo – Mandeh – Carocok – Tarusan.

Pembangunan jalan akses ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat akses menuju kawasan wisata Mandeh yang sebelumnya hanya bisa ditempuh melalui jalur laut.

Fakta unik Jalan Wisata Mandeh antara lain:

Potret hamparan Samudera Hindia terlihat dari Jalan Wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Jalan ini termasuk jalan terindah di Provinsi Sumbar. [Foto: Ist]
  • Jalan Wisata Mandeh memiliki panjang sekitar 41 km dan melewati bibir pantai dan perbukitan yang landai dengan pemandangan indah.
  • Jalan Wisata Mandeh menghubungkan beberapa objek wisata yang menarik seperti Pulau Kapo-kapo, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, Pulau Marak, Pulau Cubadak, Teluk Mandeh, Pantai Carocok Painan, Pantai Pasumpahan, Pantai Salido, Pantai Gandoriah, Hutan Mangrove Sungai Pisang, Air Terjun Lembah Anai, dan Puncak Jokowi.
  • Jalan Wisata Mandeh melintasi kawasan Taman Nasional Laut Mandeh yang memiliki luas sekitar 70 hektar dan merupakan habitat bagi ratusan jenis terumbu karang dan ikan laut.

Baca Juga: Profil Jalan Terindah di Sumatra Barat Kelok 9, Termasuk Jalan Layang Terpanjang di Indonesia

Jalan Wisata Mandeh juga menyediakan spot diving yang menarik seperti Kapal MV Boelengan yang merupakan bangkai kapal peninggalan Belanda yang tenggelam pada tahun 1915 dan berada di kedalaman 25 meter di Teluk Mandeh. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.