Profil Batang Ombilin, Punya Hulu Air Danau Singkarak yang Bermuara di Selat Malaka

oleh -828 Dilihat
Potret indah aliran Sungai Batang Ombilin, Sumatra Barat. [Foto: Dok. wix.com]

Padang, Kabapedia.com – Berikut adalah profil Batang Ombilin yang merupakan salah satu sungai terpanjang di wilayah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Sungai ini cukup unik karena alirannya berhulu dari Danau Singkarak dan mengalir jauh hingga bermuara di Selat Malaka.

Batang Ombilin memiliki panjang sekitar 80 Km yang berhulu pada Danau Singkarak. Aliran Batang Ombilin membelah pulau Sumatra, memasuki wilayah Kabupaten Sijunjung setelah pertemuan dengan Batang Palangki dan Batang Sukam.

Setelah mengalir ke Batang Sirukam, air Batang Ombilin mengalir hingga wilayah provinsi Riau sungai ini berubah nama menjadi Batang Kuantan di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Selanjutnya aliran sungai ini akhirnya bermuara di pantai timur Sumatra, di Selat Malaka.

Sungai ini mengalir di wilayah tengah pulau Sumatra yang beriklim hutan hujan tropis. Suhu rata-rata setahun sekitar 22 °C. Bulan terpanas adalah Mei, dengan suhu rata-rata 24 °C, dan terdingin Januari, sekitar 20 °C.

Curah hujan rata-rata tahunan adalah 3023 mm. Bulan dengan curah hujan tertinggi adalah November, dengan rata-rata 455 mm, dan yang terendah Agustus, rata-rata 96 mm.

Bicara tentang fauna yang hidup di sungai ini, Sungai Batang Ombilin memiliki komunitas makrozoobentos yang tinggal di dasar sungai. Kepadatan total hewan bentos secara keseluruhan di Sungai Batang Batang Ombilin rata – rata 130, 18 ind/m2, berkisar dari 44,44 – 391,07 ind/m2 (Tabel 2), yang tertinggi pada stasiun I dan terendah pada stasiun VI. Pada setiap stasiun ditemukan amfipoda, decapoda, oligochaeta, insecta, dan gastropoda.

Baca Juga: Profil 4 Danau Terindah dan Terbesar di Sumbar, Nomor 1 Punya Terowongan Menembus Bukit Barisan

Kondisi lingkungan di sekitar Sungai Batang Ombilin terkenal dengan keindahan alamnya. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar sungai Batang Ombilin antara lain: memancing, berenang, menikmati pemandangan alam, bersepeda dan camping. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.