CEK FAKTA Klaim Tautan Daftar Penerima Bansos 2024 Sebesar Rp500 Ribu, Benarkah?

oleh -55 Dilihat
CEK FAKTA Klaim Tautan Daftar Penerima Bansos 2024 Sebesar Rp500 Ribu, Benarkah? [Foto: Dok. Tangkapan layar]

Jakarta, Kabapedia.com – Pada ulasan kali ini Kabapedia.com akan menyajikan informasi “CEK FAKTA Klaim Tautan Daftar Penerima Bansos 2024 Sebesar Rp500 Ribu, Benarkah?” Baru-baru ini beredar di media sosial, khususnya Facebook, sebuah infografis yang menyebutkan bahwa pemerintah melalui Kementerian Sosial akan memberikan bantuan sosial (bansos) sebesar Rp500.000 kepada 9 juta penerima pada tahun 2024.

Baca juga:

Unggahan tersebut juga mencantumkan tautan yang diklaim sebagai cara untuk mengecek daftar penerima bansos tersebut. Namun, setelah dilakukan verifikasi, klaim terkait adanya bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp500 ribu untuk tahun 2024 tersebut terbukti keliru. Berdasarkan penelusuran yang dilansir dari cekfakta.tempo.co, informasi tersebut tidak benar dan masuk dalam kategori hoaks.

Fakta yang Sesungguhnya

Info grafis yang tersebar di media sosial sebenarnya merupakan informasi lama yang berhubungan dengan bantuan sosial tambahan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada tahun 2020. Bantuan tersebut diberikan sebagai bagian dari program pemerintah untuk mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19, dan bukan program baru untuk tahun 2024.

Lebih lanjut, tautan yang disebarkan oleh pengunggah di media sosial juga bukan tautan resmi pemerintah atau Kementerian Sosial. Tautan tersebut mengarahkan ke situs palsu yang berpotensi menipu atau membahayakan data pribadi pengguna.

Kategori: Hoaks

Pemerintah dan Kementerian Sosial tidak pernah merilis informasi resmi terkait adanya bantuan sosial sebesar Rp500 ribu untuk tahun 2024 melalui tautan tersebut. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi, terutama yang berkaitan dengan bantuan sosial, dan selalu melakukan pengecekan di sumber-sumber resmi.

Tautan Resmi Cek Bansos

Untuk memeriksa status penerimaan bansos yang benar, masyarakat dapat mengakses situs resmi Kementerian Sosial melalui aplikasi *Cek Bansos* atau melalui situs web resmi yang dioperasikan oleh pemerintah, bukan melalui tautan-tauan yang tidak jelas sumbernya.

Link Counter Hoaks:

[Keliru, Klaim Cara Mengecek Daftar Bansos 2024](https://cekfakta.tempo.co/fakta/3161/keliru-klaim-cara-mengecek-daftar-bansos-2024-di-situs-cekbansos2024-my-id)

Baca juga:

Klaim adanya bansos Rp500 ribu pada tahun 2024 dan tautan untuk mengecek daftar penerimanya yang beredar di media sosial **tidak benar**. Informasi tersebut adalah hoaks yang didaur ulang dari program bantuan sosial tahun 2020 yang sudah tidak relevan. Masyarakat diharapkan lebih cermat dalam menyaring informasi, terutama yang berhubungan dengan bantuan pemerintah, dan memastikan keaslian sumber dari situs atau tautan yang diterima. [Kpd]

 

Ikuti Google News dan KabaPadang dari Kabapedia Network 

No More Posts Available.

No more pages to load.