Bawaslu Kota Solok Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Kampanye

oleh -408 Dilihat
Bawaslu Kota Solok menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Masa Kampanye Pemilu tahun 2024, Selasa (5/12/2023) di Halaman Kantor Bawaslu Kota Solok. [Foto: Dok. Bawaslu Solok]

Solok, Kabapedia.com – Bawaslu Kota Solok menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Masa Kampanye Pemilu tahun 2024, Selasa (5/12/2023) di Halaman Kantor Bawaslu Kota Solok.

Pada kesempatan itu hadir Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadilan, Kasdim 0309/Solok Mayor Inf Syahrial, Kasi Tindak Pidum Kejari Solok Edo Dede Pisano.
Apel siaga dipimpin Plh Ketua Bawaslu Kota Solok Ilham Eka Putra serta diikuti oleh seluruh Panwascam dan PKD yang ada di Kota Solok.

Dalam sambutannya disampaikan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Masa Kampanye Pemilu Tahun 2024 dilakukan dalam rangka untuk menyatakan kesiapan jajaran Bawaslu Kota Solok dalam pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024.

“Kita akan selalu berupaya agar situasi pasca dimulainya tahapan kampanye kondusif dan berada pada jalur aturan yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Maka dari itu, ia mengingatkan seluruh jajaran pengawa agar selalu menjaga netralitas dalam melakukan pengawasan, bekerja dengan penuh tanggung jawab dan integritas. Apalagi saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Sehingga gerak dari para peserta kontestasi politik tersebut tentu sedikit lebih leluasa dari sebelumnya. Yang tentunya ini adalah akan menjadi fokus perhatian Bawaslu.

“Kegiatan ini bagi kami amatlah penting artinya, mengingat apel pengawasan Pemilu 2024 adalah sebuah ikhtiar. Setiap pengawas mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi tanpa terkecuali wajib melakukan langkah pencegahan dan menekan potensi pelanggaran, mengoptimalkan pengawasan dan menuangkan seluruh hasil,” katanya.

Pengawasan dalam Laporan Hasil Pengawasan sebagai bukti bahwa seluruh jajaran Pengawas Pemilu telah melaksanakan fungsi-fungsi dan kerja-kerja pengawasan. Kegiatan Apel Siaga ini sekaligus sebagai Pemilu yang tidak akan kita nodai dan cederai dengan perilaku money politik atau politik uang.

“Sekaligus menjadi ruang bagi kita untuk sama-sama meneriakkan penolakan kita pada berita hoax, Politisasi SARA serta politik identitas yang akan merusak serta merobek rajutan dan sulaman indah demokrasi dan persatuan kita sesama anak bangsa,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Kota Solok Ahmad Fadilan menyampaikan komitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye, dan memastikan pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar.

“Untuk mewujudkan pemilu yang damai dan bersih itu tidak akan terlepas dari kerja sama berbagai pihak, dan kami dari pihak Kepolisian akan sedapat mungkin mengoptimalkan pengawasan tahapan kampanye ini demi terciptanya situasi yang kondusif dan aman bagi masyarakat,” sebutnya.

Ia juga menyatakan akan bahu-membahu dengan semua pihak terkait untuk memastikan keberlangsungan demokrasi yang berkualitas dan bebas dari gangguan, dan upaya bersama ini diharapkan dapat menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi di Solok Kota.

Baca juga: Bawaslu: Banyak Caleg di Kota Solok Taat Imbauan

Apel Siaga Pengawasan ini menjadi wujud nyata dari sinergi antar lembaga dalam mendukung penyelenggaraan pemilu yang adil dan transparan. Untuk itu, Kapolres Solok Kota Ahmad Fadilan mengajak seluruh masyarakat agar aktif berpartisipasi dalam menciptakan suasana yang kondusif selama masa kampanye dan memberikan kontribusi positif bagi kesuksesan Pemilu 2024. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.