Mengenal BYD, Merek Mobil Listrik China yang Resmi Masuk ke Indonesia

oleh -1888 Dilihat
Penampakan BYD Dolphin, mobil sedan sporty yang menawarkan desain yang aerodinamis dan elegan. Mobil ini salah satu produksi Build Your Dream (BYD), salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia, asal China. [Foto: Dok. Ist]

Jakarta, Kabapedia.com – Yuk kenalan dengan BYD, merek mobil listrik asal China yang resmi masuk ke Indonesia awal tahun 2024 ini. Build Your Dream (BYD), salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia, resmi meluncurkan tiga model mobil listriknya di Indonesia pada Kamis, 18 Januari 2024.

Tiga model tersebut adalah BYD Seal, BYD Atto 3, dan BYD Dolphin. Ketiga mobil listrik ini menawarkan desain, fitur, dan performa yang berbeda-beda.

BYD merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1995 dan awalnya bergerak di bidang produksi baterai. Dengan pengalaman dan inovasi di bidang baterai, BYD kemudian memasuki industri otomotif dan menjadi salah satu pionir dalam pengembangan kendaraan bertenaga listrik atau New Energy Vehicle (NEV).

Baca juga: 

BYD mengklaim sebagai pemimpin pasar NEV global, dengan penjualan lebih dari 1,5 juta unit mobil listrik hingga akhir tahun 2023. BYD juga memiliki kemitraan strategis dengan merek-merek terkenal seperti Toyota, Daimler, dan Volkswagen.

Dengan masuknya ke pasar Indonesia, BYD tidak hanya akan menjual mobil listriknya, tetapi juga berinvestasi untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. BYD berencana untuk membangun pabrik mobil listrik, stasiun pengisian baterai, dan pusat penelitian dan pengembangan di Indonesia, dengan nilai investasi mencapai US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 20,3 triliun.

Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pasifik, mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial dan strategis bagi BYD, karena memiliki populasi yang besar, pertumbuhan ekonomi yang stabil, dan komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik.

“Kami percaya bahwa dengan hadirnya BYD di Indonesia, kami dapat memberikan pilihan mobil listrik yang inovatif, berkualitas, dan ramah lingkungan bagi konsumen Indonesia. Kami juga berharap dapat berkontribusi untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi Indonesia dan dunia,” ujar Liu dalam acara peluncuran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Spesifikasi Singkat 3 Model Mobil Listrik BYD

Untuk memperkenalkan produk-produknya kepada konsumen Indonesia, BYD akan menggelar rangkaian eksibisi di beberapa mal di Jakarta dan sekitarnya, mulai dari tanggal 19 Januari hingga 11 Februari 2024. Selain itu, BYD juga akan membuka pemesanan atau pre-order untuk tiga model mobil listriknya melalui situs web resmi BYD Indonesia.

Berikut adalah spesifikasi singkat dari tiga model mobil listrik BYD yang resmi masuk ke Indonesia:

1. BYD Seal:

Penampakan BYD Seal, mobil SUV premium salah satu produksi Build Your Dream (BYD), salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia, asal China. [Foto: Dok. Ist]
Mobil SUV premium yang memiliki dimensi panjang 4.680 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.680 mm. BYD Seal dilengkapi dengan baterai Blade Battery yang diklaim memiliki daya tahan, keamanan, dan efisiensi yang tinggi. BYD Seal mampu menempuh jarak hingga 600 km dengan sekali pengisian baterai. BYD Seal juga memiliki fitur canggih seperti panoramic sunroof, wireless charging, smart key, dan intelligent voice control.

No More Posts Available.

No more pages to load.